Buke shohatto

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Lompat ke: pandu arah, cari

Buke shohatto (武家諸法度 arti harfiah: Berbagai Petunjuk Hukum untuk Keluarga-Keluarga Kesatria?) adalah sebuah koleksi maklumat (dekrit) yang dikeluarkan oleh Keshogunan Tokugawa di Jepun, yang mengatur aktiviti dan tanggung-jawab bagi para daimyo (tuan tanah feodal) dan para bangsawan kesatria samurai lainnya. Ini merupakan dasar dari bakuhan taisei (sistem keshogunan-domain) yang menjadi dasar dari rezim Tokugawa. Isi dekrit dipandang sebagai kode perilaku, suatu deskripsi perilaku yang tepat untuk seorang daimyo terhormat, dan bukan semata-mata hukum yang harus ditaati. Dengan menghubungkannya dengan pemahaman terhadap kode moralitas dan kehormatan, keshogunan dapat membuat keputusannya dilaksanakan, terlepas dari ketidakmampuan untuk menegakkannya secara langsung.

Dekrit ini pertama kali dibacakan oleh shogun Tokugawa Ieyasu yang telah mengundurkan diri. dalam sebuah pertemuan para daimyo di Puri Fushimi pada bulan lunar ketujuh tahun 1615. Isi dekrit telah disusun oleh sejumlah sarjana yang bekerja untuk kepentingan shogun (termasuk Ishin Sūden), dengan tujuan utama untuk membatasi kekuasaan para daimyo dan melindungi kontrol shogun atas negara.

Shogun Tokugawa Hidetada yang sedang berkuasa waktu itu dan putra Ieyasu, tak lama kemudian secara resmi menetapkan dekrit ini. Para shogun selanjutnya masing-masing secara resmi menetapkan kembali dekrit ini, dan memperkuat pembatasan atas daimyo dan serta pengendalian yang dimiliki oleh keshogunan. Setelah melewati beberapa generasi, aturan-aturan yang ada kemudian berkembang dan berubah secara signifikan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Hall, John Carey. (1910). The Tokugawa Legislation. Yokohama. pp. 286–319. Accessed 30 July 2007.
  • Sansom, George (1961). "A History of Japan: 1334–1615." Stanford, California: Stanford University Press, pp. 401–6.
  • Sansom, George (1963). "A History of Japan: 1615–1867." Stanford, California: Stanford University Press.
  • Hall, John Whitney (1991). Cambridge History of Japan, Volume 4. New York: Cambridge University Press. ISBN 0-521-22355-5.