Intan (sinetron)

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Intan
GenreDrama Romantis
FormatSinetron
PenciptaSinemArt
Ditulis olehSerena Luna
PengarahDoddy Djanas
Surya Lawu
Dibintangi oleh
Naysilla Mirdad
Dude Harlino
Glenn Alinskie
Ingka Noverita
Meriam Bellina
Anwar Fuady
Nonok Wiryono
Umar Lubis
Rico Tampatty
Hj. Nani Wijaya
Nunu Datau
Mathias Muchus
Rama Michael
Indah Indriana
Sandy Tumiwa
Zora Vidyanata
Manfreed
Vera Detty
Riyanto RA
Salma Paramitha
Alyssa Taradipa
Kevin Julio
Ricardo Silienzie
Virgo Brody
Faraj Debby
Anneke Jodi
Rio Reifan
Ryan Maladi
Lagu temaRuang Rindu, Letto
Lagu pembukaanRuang Rindu, Letto
Lagu penutupRuang Rindu, Letto
Negara asal Indonesia
BahasaIndonesia
Bilangan musim1
Bilangan episod263
Penerbitan
Penerbit eksekutifElly Yanti Noor
PenerbitLeo Sutanto
LokasiJakarta
Tempoh siaran60 minit
Syarikat penerbitan
SinemArt
Syarikat pengedaran
Media Nusantara Citra
Penyiaran
Saluran asalRCTI (2006-2007; 2012-2013; 2016-2017)
TPI (2008)
Astro Ria (2009-2010)
NTV7 (2010-2011)
Astro Prima (2012-2013)
TV3 (2013-2014)
NET. (2014-2015)
Spacetoon (2016-2017)
Astro Aruna (2021-2022)
Format audioStereo
Julung kali ditayangkan di
Senin, 6 November 2006
Siaran asalSenin, 6 November 2006 – Minggu, 22 Julai 2007
Kronologi
MengikutiTaqwa
Diikuti olehSoleha

Intan adalah sebuah judul sinetron yang ditayangkan setiap hari pukul 18.00 WIB oleh stasiun TV swasta Indonesia, RCTI. Sinetron Intan pertama kali ditayangkan pada hari Senin, 6 November 2006 dan berakhir tamat pada hari Minggu, 22 Juli 2007. Sinetron Intan dikeluarkan oleh SinemArt yang diketuai oleh Leo Sutanto. Sinetron ini mengenai kisah Intan yang yang sejak bayi sudah kehilangan kedua orang tuanya. Ayahnya meninggal dunia ketika dia masih bayi, sementara ibunya berkahwin lagi dan meninggalkan Intan dengan neneknya.

Sinetron ini didahului oleh Taqwa dan disusuli oleh Soleha

Sinetron ini juga pernah ditayangkan ulang di TPI pada tahun 2008 namun tidak sampai tamat kerana buruknya rating.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kasih (Nonok Wiryono) adalah anak gadis satu keluarga kaya. Kasih jatuh cinta pada Fajar (Rico Tampatty) yang berasal dari keluarga miskin. Tapi hubungan mereka tidak direstui kedua belah pihak. Suatu hari, Kasih mengetahui dirinya hamil. Fajar bersedia bertanggung jawab. Fajar dan Kasih menikah. Kasih melahirkan seorang bayi yang diberinya nama Intan. Mereka hidup berpasangan. Fajar memutuskan untuk berhenti belajar dan bekerja untuk memenuhi keperluan keluarganya. Namun malang menimpa Fajar, satu kemalangan meraggut nyawanya. Suatu hari orang tua Kasih menemukan Kasih. Mereka membawa Kasih dan menikahkannya dengan Dokter Frans (Umar Lubis). Kasih tidak membawa Intan bersamanya (Intan ditinggal bersama Lastri (Ibu Fajar)). Lastri marah mengetahui perkahwinan dan kepermegian Kasih. Lastri berfikir, Kasih sudah mengkhianati Fajar, malah sanggup meninggalkan bayinya.

Intan (Diperankan oleh Naysilla Mirdad) sudah dewasa. Dia tumbuh menjadi seorang gadis yang lugu (Agak sedikit Lemot), baik dan sangat menyayangi Lastri (Diperankan oleh Hjh. Nani Wijaya), Lastri sangat protektif terhadap Intan karena dia tidak ingin masa depan Intan rusak seperti masa depan Ayahnya, Fajar. Ternyata Lastri kecolongan, Intan Hamil. Lastri lalu meminta pertanggung jawaban Ello (Glenn Alinskie), teman dekat Intan. Awalnya Ello ragu, karena dia masih kuliah.. tetapi akhirnya Ello memutuskan untuk menikahi Intan, walaupun Keluarga Ello tidak menyetujui pernikahan mereka. Setelah menikah Intan pindah kerumah Ello. Intan yang Lugu memulai kehidupan barunya dengan Pak Arman (Anwar Fuady), Bu Nadine (Meriam Bellina) dan dua kakak Ello, Jemmy (Manfreed) dan Romlah (Rama Michael). Kebahagiaan tidak berlangsung lama untuk Intan.. Beberapa hari setelah pernikahannya, Ello mengalami kecelakaan dan meninggal dunia.. Nadine dan Arman menyalahkan Intan atas kematian Ello.. Intan pun diusir dari rumah Arman.. Intan memohon pada Arman untuk menerima dia tinggal dirumah itu, paling tidak sampai anaknya lahir.. Intan melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Rangga (Ryan Maladi) Dan Nadine yang menolong membantu Ke rumah sakit.

Kehidupan awal Intan di rumah itu tidak mudah, karena Nadine bersikap memusuhi Intan, Tapi Intan tetap menghadapi dia dengan sabar dan sayang.. Intan menganggap Nadine sebagai pengganti Ibunya yang sudah meninggal.. sifat dan sikap Intan, akhirnya membuat Nadine luluh juga. Intan yang merasa tidak enak karena sudah menumpang dirumah mertuanya.. ingin membiayai hidup anaknya, memilih bekerja sebagai Sales.. karena pekerjaannya ini, Intan bertemu dengan Rado (Dude Harlino). Lalu Intan bekerja disebuah salon yang ternyata adalah milik ibu Rado, Wina (Nunu Datau). Disalon ini, Intan bertemu dengan Lillah dan Fanny, Lillah (Ingka Noverita) yang juga menyukai Rado kesal, dan berusaha memisahkan Intan dan Rado.. Sementara itu Kasih yang menderita penyakit ginjal diharuskan melakukan transplantasi ginjal.. Tetapi tidak ada satupun donor yang cocok.

Dokter Frans yang tidak mau kehilangan Kasih, akhirnya mencari Intan dengan tujuan meminta Intan mendonorkan ginjalnya untuk Kasih.. Lastri sangat marah saat mengetahui hal ini, Intan akhirnya mengetahui bahwa Kasih adalah ibunya, dan sebenarnya ibunya belum meninggal.. Intan shock.. Tapi karena kebaikan hatinya, dia bersedia mendonorkan ginjalnya. Tapi keinginannya ini, ditentang oleh Lastri, Rado dan Kasih sendiri.. Namun pada akhirnya, karena tekadnya yang keras ingin menolong ibunya, Intan pun rela mendonorkan satu ginjalnya untuk Kasih.

Setelah Kasih dan Intan sembuh dari masa operasi, hubungan antara ibu dan anak pun menjadi semakin dekat. Meski terkadang Lastri (Nenek Intan) menentang, namun Kasih tetap berusaha untuk meminta maaf, dan lama kelamaan, hati Lastri pun mulai luluh karena ini demi kebahagiaan Intan, cucu yang amat disayanginya.

Berbulan-bulan berlalu, Intan pun jatuh sakit. Disaat ia menjenguk Dr. Frans di rumah sakit (sehabis Dr. Frans operasi tumor otak), Dr. Frans curiga bahwa Intan juga mengidap penyakit yang sama dengan Kasih dulu, gagal ginjal.. Ternyata dugaannya tepat, dan itu membuat Kasih merasa bersalah karena membuat Intan kembali menderita, setelah ia meninggalkannya sejak masih bayi. Beberapa hari setelah menjalani operasi, Intan pun menerima donor ginjal dari kak Romi, kakak dari mantan suaminya, Ello, dan kembali sehat..

Beberapa bulan berlalu, disaat Rangga menginjak usia satu tahun, Rangga meninggal. Intan pun kembali disalahkan dalam hal menjaga sang anak. Iapun kembali dibenci Nadine, dan seluruh keluarga Ello, dan diusir dari rumah mereka. Diperjalanan panjang rintangan hidup yang dilewati, Intan selalu ditemani Rado, yang sangat peduli terhadapnya, dan menyayanginya sepenuh hati.

Rado menjadi buta karena suatu hal. Suatu saat terjadi sebuah kebakaran disebuah cafe tempat ia janjian ketemu dengan Intan. Rado pun dikira telah meninggal karena kebakaran itu.. Namun sebenarnya ia diselamatkan oleh seorang wanita bernama Rosa (Anneke Jodi).. Kebetulan, wajah Rado sangat mirip dengan mantan suami Rosa yang telah meninggal bernama Aditya.. Rado pun kembali bisa melihat lagi dengan bantuan donor mata dari Aditya, suami Rosa.. Karena tak mau kehilangan sosok Aditya, Rosa pun membohongi Rado, yang saat itu hilang ingatan karena benturan keras saat kebakaran itu terjadi.. Akhirnya, walau merasa dirinya tidak pernah mencintai Rosa, Rado pun hidup sebagai Aditya, dan tak mengenali siapapun kecuali Rosa.

Disaat yang tak disengaja, Aditya (Rado) pun kembali bertemu dengan keluarganya, dan juga Intan. Awalnya Intan menganggap bahwa suaminya ternyata masih hidup. Namun lama-kelamaan, karena penampilan dan sikap Aditya berbeda dengan Rado, Intan pun hanya menganggap Aditya sebagai teman..

Setelah Rosa mengetahui bahwa ternyata Rado telah mempunyai istri, ia pun berusaha untuk menjauhkan Rado dari Intan. Ia tak mau lagi kehilangan Aditya untuk yang kedua kalinya.. untuk itu, ia pun kemudian mengajak Aditya berjalan-jalan ke puncak, dimana Intan tidak bisa menemui Rado.. Namun tanpa diduga, Intan pun diajak seorang teman dekatnya yang bernama Dewa (Rio Reifan), yang juga sebenarnya memendam rasa cinta kepadanya, kedaerah yang sama..

Suatu malam terjadi gempa didaerah tersebut. Rosa, Aditya, juga Intan dan Dewa pun berusaha menyelamatkan diri.. Intan dan Dewa terpisah, dan Rosa akhirnya tertimpa tiang/pilar bangunan, karena ingin menolong Aditya.. Rosa pun meninggal ditempat. Tanpa sengaja, Intan bertemu dengan Aditya, dan melihat Rosa sudah meninggal tertimpa bangunan.. Aditya, yang saat itu telah mengingat semuanya pun langsung memeluk Intan dengan erat, dan memberitahu Intan bahwa ia sebenarnya adalah Rado dan bukan Aditya..

Namun Intan masih tak percaya dengan pengakuan Rado, dan masih memanggilnya dengan nama Aditya.. Rado pun menceritakan, dan menunjukkan kenangan-kenangan mereka saat masih bersama dulu.. Dan Intan pun baru percaya. Ia langsung memeluk Rado, suami yang sangat dicintainya itu.. Tak lama kemudian, Pak Dewa (panggilan Intan kepada Dewa) pun bertemu dengan Intan dan Rado yang saat itu saling berpelukan. Ia pun sadar bahwa cintanya pada Intan tak bisa diperjuangkan lagi.. Setelah pemakaman Rosa, ia pun membuang jauh-jauh cincin yang rencananya ingin ia berikan pada Intan pada malam itu..

Sepulangnya dari puncak, Intan dan Rado pun kembali hidup bersama. Keluarga besarnya pun menyambut Rado dengan bahagia..

Setelah mereka pulang dari puncak, Intan menikah dengan Rado, kemudian Intan hamil, dan itupun membuat semua keluarganya amat bahagia.. Namun ditengah kebahagiannya itu, muncul sebuah kenyataan yang mengharuskan Intan untuk menggugurkan kandungannya. Dr. Frans menyarankan hal ini agar Intan selamat. Karena usai operasi donor ginjal kala itu, membuat kandungan Intan menjadi sangat lemah.

Namun Intan bersikeras mempertahankan bayinya, dan berusaha menjaganya bersama suaminya, Rado. Dan setelah 9 bulan berlalu, lahirlah seorang anak perempuan yang cantik diberi nama Bintang (Salma Paramitha). Namun Bintang terlahir dengan kondisi yang tidak sempurna. Kaki kirinya cacat, dan harus menggunakan alat bantu setiap kali berjalan. Namun itu tidak membuatnya patah semangat. Karena kasih sayang kedua orang tuanya, Intan dan Rado, Ia justru tumbuh menjadi anak yang kuat, semangat, baik dan cerdas.

Sementara itu, kakak kedua Ello, Romlah. Dan sepupu Intan yang bernama Rena (Indah Indriana) pun menikah, dan memiliki seorang putri bernama Tiara (Alyssa Taradipa). Dia seumuran Bintang. Profesinya sebagai artis cilik membuatnya menjadi anak yang manja, dan sombong. Ia sangat disayangi Nadine dan Arman, Nenek & Kakeknya.. Pada awalnya, Tiara sangat membenci Bintang, karena Tiara menuduhnya merebut perhatian dari Nenek dan Kakeknya.. Selain itu, karena kondisi Bintang yang cacat. Ia tidak mau memiliki sepupu yang cacat.. Segala cara pun dilakukannya untuk memojokkan, dan mencelakai Bintang. Namun pada akhirnya, setelah ia mengalami kecelakaan, dan ditolong oleh Bintang yang baik hati, Tiara pun mulai menjadi sahabat baik dengan Bintang, dan itupun membuat orang tua mereka terharu.

Persahabatan Bintang dan Tiara rupanya tak berlangsung lama. Bintang menghilang karena diculik, dan lupa ingatan setelah mengalami kecelakaan. Ia dirawat oleh sebuah keluarga miskin, dan diangkat menjadi anak oleh keluarga tersebut karena dicurigai anak orang kaya.. Dan karena kalung pemberian Mamanya yang bertuliskan Intan, akhirnya ia pun diberi nama Intan oleh keluarga tersebut.

Beberapa minggu berlalu, Bintang bertemu dengan Intan, yang saat itu dalam keadaan buta. Intan awalnya mengira bahwa anak kecil yang bicara dengannya itu adalah Bintang. Namun Bintang menepisnya, karena saat itu yang ia tahu nama aslinya adalah Intan.. Hampir setiap hari mereka bertemu, sampai disuatu saat, penculik Bintang pun tertangkap oleh keluarga besar Intan dan Rado.. Karena Masih tak percaya dengan yang terjadi sebenarnya, Bintang pun berusaha berlari dari penculik dan dikejar Kasih, neneknya. Ia dan Kasih pun tertabrak mobil dan pingsan.

Dalam kecelakaan itu, Bintang selamat karena dipeluk Kasih saat kecelakaan terjadi. Ingatannya pun sudah kembali pulih, dan kembali mengingat semua keluarganya. Namun Kasih, karena sebelum kecelakaan itu terjadi memang sudah mengidap penyakit serius, ia pun meninggal setelah berpesan pada dokter untuk mendonorkan kedua matanya kepada putrinya, Intan.

Diakhir cerita ini, ada kejutan pesta ulang tahun Intan yang juga hadiah terakhir dari Kasih yang sudah ia sediakan untuk Intan. Dengan penampilan khusus Grup Band "Letto", penyanyi dari lagu soundtrack Ruang Rindu yang populer karena sinetron tersebut. Semua orang yang sebelumnya bersifat jahat telah berubah menjadi baik. Rado, Intan, dan Bintang pun kembali ke kehidupan normal yang bahagia...

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Sinetron Intan juga dituduh sebagai jiplakan dari drama Korea yang berjudul Be Strong Geum Soon. Meski dituduh jiplakan, SinemArt tidak mengakui dan mencantumkan judul asli drama Korea nya dalam credit title.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Sinetron ini berhasil tayang selama 11 bulan dengan 263 episode, menjadikannya sinetron paling lama tayang kelima di Indonesia, setelah Tersanjung (2000-2006) dengan 8 season dan total 1187 episode, Cinta Fitri (2007-2011) dengan 7 season dan total 1.002 episode, Keluarga Cemara dengan 3 season dan total 412 episode, dan Noktah Merah Perkawinan (1999) dengan 1 season dan total 402 episode.

Pelakon[sunting | sunting sumber]

ReRun di Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

Sinetron INTAN kini secara ReRun dan kini tayang di Astro Prima mulai 15 Oktober 2012 hingga 27 Mei 2013 Setiap Hari pukul 2 Pagi dan 27 Mei 2013 adalah Episode Terakhir untuk Sinetron Intan di Astro Prima dan akan digantikan oleh Sinetron Serpihan mulai 28 Mei 2013. Sinetron ini akan berakhir akibat Astro tidak bayar untuk memegang hak penyiarannya untuk tayang Sinetron dari SinemArt. Sinetron SinemArt serperti Liontin, Bintang, Malam Pertama, Bukan Cinderella dan Bunga di Tepi Jalan sudah habis penyiarannya di Malaysia dan Singapura.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]