Intan (sinetron)

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Lompat ke: pandu arah, cari

(dalam pembetulan )

Intan adalah sebuah judul sinetron yang ditayangkan setiap hari pukul 18.00 WIB oleh stasiun TV swasta Indonesia, RCTI. Sinetron Intan diproduksi oleh SinemArt yang dikepalai oleh Leo Sutanto. Sinetron ini bercerita mengenai sosok Intan yang yang sejak bayi sudah kehilangan kedua orang tuanya. Ayahnya meninggal dunia ketika ia bayi, sedangkan ibunya menikah lagi dan meninggalkan Intan dengan neneknya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kasih adalah puteri dari sebuah keluarga kaya. Kasih jatuh cinta pada Fajar yang berasal dari keluarga miskin. Tapi hubungan mereka tidak direstui kedua belah pihak. Suatu hari, Kasih mengetahui dirinya hamil. Fajar bersedia bertanggung jawab. Fajar dan Kasih menikah. Kasih melahirkan seorang bayi yang diberinya nama Intan. Mereka hidup pas-pasan. Fajar memutuskan berhenti kuliah dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun malang menimpa Fajar, sebuah kecelakaan merenggut nyawanya. Suatu hari orang tua Kasih menemukan Kasih. Mereka membawa Kasih dan menikahkannya dengan Dokter Frans. Kasih tak membawa Intan bersamanya (Intan ditinggal bersama Lastri (Ibunya Fajar)). Lastri marah mengetahui pernikahan dan kepergian Kasih. Lastri berfikir, Kasih sudah mengkhianati Fajar, bahkan tega meninggalkan bayinya.

Intan (Naysila Mirdad) sudah dewasa. Dia tumbuh menjadi seorang gadis yang lugu (Agak sedikit Lemot), baik dan sangat menyayangi Lastri (Nani Widjaya), Lastri sangat protektif terhadap Intan karena dia tidak ingin masa depan Intan rusak seperti masa depan Ayahnya, Fajar. Ternyata Lastri kecolongan, Intan Hamil. Lastri lalu meminta pertanggung jawaban Ello (Glenn Alinskie), teman dekat Intan. Awalnya Ello ragu, karena dia masih kuliah.. tapi akhirnya Ello memutuskan untuk menikahi Intan, walaupun Keluarga Ello menentang. Setelah menikah Intan pindah kerumah Ello. Intan yang Lugu memulai kehidupan barunya dengan Pak Jamal, Ibu Nadine(Meriam Bellina) dan dua kakak Ello, Jemmy dan Rommy. Kebahagiaan tidak berlangsung lama untuk Intan.. Beberapa hari setelah pernikahannya, Ello mengalami kecelakaan dan meninggal dunia.. Yana dan Jamal menyalahkan Intan atas kematian Ello.. Intan pun diusir dari rumah Jamal.. Intan emohon pada Jamal untuk menerima dia tinggal dirumah itu, paling tidak sampai anaknya lahir.. Rangga (Ryan Maladi) Dan Nadine Menolong Bantu Ke Rumah.

Kehidupan Awal Intan dirumah itu tidak mudah, karena Nadine bersikap memusuhi Intan, Tapi Intan tetap menghadapi dia dengan sabar dan sayang.. Intan menganggap Nadine sebagai pengganti Ibunya yang sudah meninggal.. sifat dan Sikap Intan, akhirnya membuat Nadine luluh juga. Intan yang merasa tidak enak karena sudah menumpang dirumah mertuanya.. ingin membiayai hidup anaknya, memilih bekerja sebagai Sales.. karna pekerjaannya ini, Intan bertemu dengan Rado (Dude Harlino). Lalu Intan bekerja disebuah salon yang ternyata adalah milik ibunya Rado , Wina(Nunu Datau). Disalon ini, Intan bertemu dengan Lila dan Fanny, Lila yang juga menyukai Rado Habeahan kesal, dan berusaha memisahkan Intan dan Rado Habeahan.. Sementara itu Kasih yang menderita penyakit Ginjal diharuskan melakukan Transplantasi Ginjal.. Tapi tidak ada satupun donor yang cocok.

Dokter Frans yang tidak mau kehilangan Kasih, akhirnya mencari Intan dengan tujuan meminta Intan mendonorkan ginjalnya untuk kasih.. Lastri sangat marah saat tau hal ini, Intan akhirnya tahu, kalau Kasih adalah ibunya, dan sebenarnya ibunya belum meninggal.. Intan Shock.. Tapi karena kebaikan hatinya, dia bersedia mendonorkan ginjalnya. Tapi keinginannya ini, ditentang oleh Lastri, Rado Habeahan dan Kasih sendiri.. Bagaimanakah kelanjutan kisah ini, apakah Intan berhasil menyelamatkan Kasih? Apakah hubungan Rado Habeahan dan Intan berlangsung dengan mulus? Dan apakah Intan dapat meraih cita citanya sebagai seorang penata Rambut?

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Sinetron Intan juga dituduh sebagai jiplakan dari drama Korea yang berjudul Be Strong Geum Soon. Meski dituduh jiplakan, SinemArt tidak mengakui dan mencantumkan judul asli drama Korea nya dalam credit title.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Sinetron ini berhasil tayang selama 11 bulan dengan 263 episode, menjadikannya sinetron paling lama tayang kelima di Indonesia, setelah Tersanjung (2000-2006) dengan 8 season dan total 1187 episode, Cinta Fitri (2007-sekarang) dengan 4 season dan total 510 episode, Keluarga Cemara dengan 3 season dan total 412 episode, dan Noktah Merah Perkawinan (1999) dengan 1 season dan total 402 episode.

Pelakon[sunting | sunting sumber]

ReRun di Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

Sinetron INTAN kini secara ReRun dan kini tayang di Astro Prima mulai 15 Oktober 2012 hingga 27 Mei 2013 Setiap Hari pukul 2 Pagi dan 27 Mei 2013 adala Episode Terakhir untuk Sinetron Intan di Astro Prima dan akan digantikan oleh Sinetron Serpihan mulai 28 Mei 2013.Sinetron ini akan akhir akibat Astro tidak bayar untuk memengang hak perniaranya untuk tayang Sinetron dari SinemArt.Sinetron SinemArt serperti Liontin,Bintang,Malam Pertama,Bukan Cinderella dan Bunga di Tepi Jalan sudah habis perniaranya di Malaysia dan Singapura.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]