Murasaki Shikibu

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Lompat ke: pandu arah, cari


Murasaki Shikibu
Murasaki Shikibu, digambarkan oleh Tosa Mitsuoki
Pekerjaan pelayan istana Heian
Genre novel, puisi
Subjek adat istiadat istana di Jepun
Saudara Fujiwara no Tametoki (ayah)

Murasaki Shikibu (紫式部?, lahir sekitar 973?; meninggal sekitar 1014 atau 1025) adalah novelis, penyair dan pelayan istana kemaharajaan pada zaman Heian di Jepun. Ia dikenal sebagai penulis Hikayat Genji yang ditulis dalam bahasa Jepun sekitar tahun 1000 dan 1008, dan merupakan salah satu novel terawal dalam sejarah peradaban manusia.

Murasaki Shikibu adalah nama pen, nama aslinya tidak diketahui. Beberapa sejarawan memperkirakan bahwa nama aslinya adalah Fujiwara Takako, seperti tertulis dalam nama pelayan istana dengan pangkat shōji pada tanggal 29 bulan 1 tahun 4 Kankō (19 Februari 1007) menurut Midō Kampaku Ki, sebuah buku harian yang ditulis oleh Fujiwara no Michinaga, walaupun teori ini tidak banyak didukung oleh sejarawan lainnya.[1] Dalam buku harian pribadinya yang berjudul Buku Harian Murasaki Shikibu, ia menulis bahwa nama panggilannya di istana adalah "Murasaki", seperti nama tokoh dalam novel Hikayat Genji yang ditulisnya. "Shikibu" menunjuk kepada pangkat ayahnya di Biro Protokoler Istana(shikibu-shō).

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. (a) Bunei Tsunoda "Real name of Murasahiki Shikibu" Kodai Bunka (Cultura antiqua) 1963, no.7. (b) Gen-e Imai "Questions on the theory of the real name of Murasaki Shikibu as Takako" Kokugo Kokubun (Japanese Language and Literature) Vol. 34 (no. 1) (1965). Kedua artikel dalam bahasa Jepun.