Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Halimiyah

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Halimiyah
Lokasi
Jl. Robusta Raya No. 31, Provinsi DKI Jakarta
Indonesia Indonesia
Maklumat
Jenis sekolahSekolah Dasar Islam Terpadu, Swasta
Kod sekolahNPSN = 20109204
NSS =
Laman sesawang


Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Halimiyah atau nama ringkasnya SDIT Al-Halimiyah, merupakan sebuah Sekolah Dasar Islam Terpadu Swasta yang terletak di Jl. Robusta Raya No. 31, Jakarta Timur, Indonesia.

Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Halimiyah memiliki kod NPSN 20109204. Pada 2010, SDIT Al-Halimiyah memiliki 274 pelajar lelaki dan 247 pelajar perempuan, menjadikan jumlah keseluruhan murid seramai 521 orang. 2010

SD Islam Terpadu Al-Halimiyah memiliki komitmen yang tinggi dalam pembentukan karakter. Kami terus berupaya untuk memberikan teladan, inspirasi, serta mendorong kemandirian dan kemerdekaan belajar peserta didik. Pembiasaan amaliah ubudiah merupakan cara kami menanamkan nilai-nilai spiritual pada seluruh peserta didik. Sholat Dhuha dan membaca Al-Quran atau Iqra menjadi kegiatan pembuka di setiap harinya.

        Kurikulum di SDIT Al-Halimiyah dirancang untuk menyeimbangkan muatan nasional, agama, dan sekolah. Kami secara aktif mengikuit perkembangan kurikulum yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan. Ada beberapa muatan atau subjek yang kami kembangkan, yang merupakan ciri khas kami, di luar muatan nasional, yaitu Tahsin Al-Quran, Tahfiz Al-Quran (Juz ‘Amma/ Juz 30), Bahasa Arab, dan Muhadhoroh. Kami juga menyadari pentingnya kemampuan teknologi dan bahasa. TIK atau Komputer serta Bahasa Inggris sudah diperkenalkan sejak tahun pertama di SDIT Al-Halimiyah.

        “Aku melakukan, maka aku mengerti,” adalah semboyan kami dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar. Kami mendorong terciptanya kegiatan belajar yang menyenangkan, kreatif, dan inovatif, salah satunya dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).

        Untuk menyalurkan minat dan bakat peserta didik, kami menyelengarakan beberapa kegiatan ekstra kulikuler, yaitu: futsal, taekwondo, tari, lukis, klub Tahfiz Al-Quran, klub Sains, dan lain-lain. Kami juga memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk berekspresi dengan percaya diri melalui kegiatan “Class Performance” yang dilakukan setiap tahunnya.

        Sebagai pendukung kegiatan belajar dan bermain peserta didik, kami memiliki beberapa fasilitas yang terus kami kembangkan, yaitu:

    • Ruang kelas dengan pendingin udara dan perangkat audio visual
    • Lapangan
    • Mushola
    • Aula
    • Lab Komputer
    • Perpustakaan
    • UKS

Sejarah[sunting | sunting sumber]

“Mimpi takkan menjadi kenyataan melalui sihir; dibutuhkan keringat, tekad, dan kerja keras,” adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan berdirinya Al-Halimiyah, yang merupakan cita-cita pendiri dan pewakaf, (Alm) Bapak H. Abdul Halim. Tak ada niat lain dari cita-cita itu kecuali berkhidmat pada agama dan berkontribusi untuk negara dan masyarakat.  Cita-cita utuk membangun generasi yang kuat dan tangguh sebagaimana amanat Q.S. Annisa :9.

     Pada tahun 1991, dengan mengucap basmalah serta dukungan istri tercinta, (Almh) Ibu Hj.Khodijah, pendiri  secara resmi membentuk Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Halimiyah dan mewakafkan sebidang tanah untuk pembangunan Sekolah Islam Terpadu Al-Halimiyah (SITH).

       Pada tahun 2003 dimulai pembangunan Gedung I Al-Halimiyah yang terdiri dari 33 ruang kelas dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Pada 14 Mei 2006, dengan diselesaikannya pembangunan gedung I,  YPI Al Halimiyah secara resmi membuka penyelenggaraan pendidikan untuk jenjang TK, SD, SMP, dan SMA.

       Alhamdulillah, berdirinya Sekolah Islam Terpadu Al-Halimiyah mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Pada tahun pertama kami membuka 15 kelas/ rombongan belajar (rombel), yaitu: 4 rombel TK, 6 rombel SD, 3 rombel SMP, dan 2 rombel SMA. Sebagai bentuk rasa syukur dan tanggung jawab pelayanan, maka pada tahun 2007dibangulah Gedung II Al-Halimiyah.

       Amanat pendiri agar Al-Halimiyah memberikan pendidikan berkualitas merupakan kerja keras yang terus-menerus diupayakan oleh seluruh manajemen, guru, staf, dan karyawan. Harapan membangun generasi yang beriman, berilmu, beramal, dan berbudaya mengobarkan semangat kami agar terus memperbaiki diri dan melayani sepenuh hati.. Kami memiliki keyakinan akan pertolongan Allah Swt dalam  perjuangan ini. Bersama Al-Halimiyah mari kita “Menggapai Harapan Mulia”.

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Alamat[sunting | sunting sumber]

Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Halimiyah
Jl. Robusta Raya No. 31,
Jakarta Timur, DKI Jakarta,
Indonesia
Telefon = 021 86600938
Fax =

Pautan luar[sunting | sunting sumber]