Kabupaten Nagan Raya: Perbezaan antara semakan

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Digimon Adventure (bincang | sumb.)
Tiada ringkasan suntingan
Luckas-bot (bincang | sumb.)
k bot menambah: es:Kabupaten Nagan Raya
Baris 46: Baris 46:
[[id:Kabupaten Nagan Raya]]
[[id:Kabupaten Nagan Raya]]
[[en:Nagan Raya Regency]]
[[en:Nagan Raya Regency]]
[[es:Kabupaten Nagan Raya]]

Semakan pada 06:36, 17 Januari 2010

Kabupaten Nagan Raya
Ibunegeri: Sukamakmue
Keluasan: 3,928.04 kilometer persegi
Penduduk: 63,640 (2000) orang
Provinsi:NAD

Luas wilayah : 3.928,04 km² Provinsi : NAD Jumlah penduduk : 63.640 jiwa (sensus penduduk 2000) Ibukota : Sukamakmue Kata Nagan merupakan kependekan dari Seunagan yang menunjukkan lima kecamatan hasil pemecahan, sedang Raya berarti besar. Dari sini diharapkan kelima kecamatan ini akan jadi besar di kemudian hari. Kabupaten Nagan Raya tertubuh berdasarkan UU No.4 tahun 2002 bertarikh 2 Julai 2002, bebas dari Aceh Barat. Terletak sekitar 287 km atau 8 jam perjalanan dari Banda Aceh. bersempadan dengan Aceh Tengah dan Aceh Barat di utara, Aceh Barat di barat, Aceh Barat Daya dan Lautan Hindidi selatan, dan Gayo Lues serta Aceh Barat Daya di timur. Nagan Raya terdiri dari 5 kecamatan :

  1. Beutong
  2. Darul Makmur
  3. Kuala
  4. Seunagan
  5. Seunagan Timur

Kabupaten Nagan Raya berada di pantai barat Sumatera yang subur dan sangat sesuai bagi pertanian, khususnya padi yang berpusat di kecamatan Seunagan, Seunagan Timur dan Beutong karena diairi oleh Krueng Beutong dan Krueng Nagan yang mengalir di wilayah tersebut. Potensi lainnya adalah usaha peternakan dan perkebunan terutama kelapa sawit. Karena sumber daya pertaniannya yang kaya, maka Nagan Raya yang merupakan tempat tragedi Beutong Ateuh ini dikenal sebagai salah satu kepok beras utama di NAD.

Sebelum gangguan Gerakan Aceh Merdeka, Nagan Raya menjadi pusat bagi transmigrasi yang menghidupkan sektor pertanian di kawasan ini. Namun setelah tahun 2001 banyak transmigran yang meninggalkan unit-unit pemukimannya karena gangguan dan ancaman dari kaum separatis. Diharapkan setelah keadaan aman semakin elok, para transmigran akan kembali untuk meningkatkan lagi ekonomi kabupaten yang belum genap berusia 2 tahun ini.

Rujukan

Sumber

Pautan luar


Daftar Kabupaten dan Kotamadya Indonesia <=