Ibu kota: Perbezaan antara semakan

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Kandungan dihapus Kandungan ditambah
Tiada ringkasan suntingan
Baris 29: Baris 29:


==Lihat juga==
==Lihat juga==
* [[Daftar negara di Dunia]]
* [[Senarai negara-negara mengikut keluasan]]
* [[Daftar ibu negara di dunia]]
* [[Daftar ibu negara di dunia]]
* [[Ibu kota kabupaten]]
* [[Ibu kota kabupaten]]

Semakan pada 08:47, 13 April 2007

Ibu kota ialah kota atau bandar yang utama di sebuah negara atau daerah. Oleh itu, istilah "ibu kota" adalah lebih luas ruang lingkupnya, berbanding dengan ibu negara atau ibu negeri yang masing-masing digunakan khusus untuk kota utama negara dan negeri. Meskipun ibu kota merupakan kota yang utama, ia tidak semestinya merupakan kota yang paling besar.

Di kota ini biasanya terdapat gedung-gedung pemerintahan pusat atau daerah dan sebuah dewan perwakilan rakyat yang seringkali disebut parlemen serta kantor-kantor pusat perusahaan-perusahaan komersial. Selain itu di ibu kota negara biasanya juga terdapat perwakilan-perwakilan dari negara asing yang biasa disebut kedutaan besar.

Beberapa perkecualian:

  • Di Negeri Belanda ibu kota adalah Amsterdam, tetapi kota pemerintahan adalah Den Haag. Di kota terakhir ini pula terdapat perwakilan-perwakilan dari negara asing.
  • Ibu kota Israel adalah Yerusalem. Tetapi berhubung kota ini oleh dunia internasional dianggap sebagai sebuah kota Internasional, maka Kedutaan Besar negara-negara yang berhubungan diplomatik dengan Israel menaruh Kedutaan Besar mereka di kota Tel Aviv, kecuali beberapa negara saja.
  • Ibu kota Afrika Selatan adalah Pretoria tetapi parlemen terletak di Cape Town/Kaapstad.
  • Ibu kota Republik China di Taiwan yang resmi adalah Nanjing, namun karena kalah dalam perang saudara sehingga Chiang Kai-shek memindahkan pemerintahan ke ibu kota sementara di Taipei, Taiwan.

Kadang-kadang beberapa negara memindah ibu kota mereka karena alasan politik atau ekonomis. Beberapa negara yang pernah memindahkan ibu kota mereka adalah:

Seringkali ibu kota harus dipindahkan karena diduduki atau dikuasai negara asing.

Dalam masa perang seringkali ibu kota diduduki musuh dan harus mendirikan ibu kota "tandingan" atau sementara di kota lain:

Kadang-kadang ibu kota negara harus dibagi dengan negara lain karena dikuasai musuh:

Lihat juga