Pulo Geulis

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Koordinat: 6°36′19″S, 106°48′15″E

Pulo Geulis adalah nama sebuah pulau kecil yang terletak di tengah-tengah Sungai Ciliwung di Kota Bogor, tepatnya di sebelah selatan Kebun Raya Bogor. Pulau ini termasuk ke dalam Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya Pulo Geulis bukanlah pulau yang sebenarnya, dan ia juga bukan merupakan delta sungai. Tetapi kerana aliran Sungai Ciliwung terbelah dan kemudian menyatu kembali tepat sebelum kawasan Kebun Raya Bogor maka Pulo Geulis tampak seperti sebuah pulau.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Pulo Geulis ini sangat padat penduduknya. Dengan keluasan wilayah sekitar 3.5 hektar, Pulo Geulis dihuni lebih kurang 2,500 orang; dengan kata lain kepadatannya sekitar 700 jiwa per-hektar.

Penduduk Pulo Geulis kebanyakannya berasal dari suku bangsa Sunda dan Tionghoa. Tempat ini agaknya telah dihuni orang sejak ratusan tahun silam. Di tengah pulau ini terdapat sebuah kelenteng tua bernama Wihara Mahabrahma yang dibangun pada abad ke-18, yang diyakini sebagai kelenteng pertama di Bogor. Meskipun kecil dan kurang terpelihara, Wihara Mahabrahma ini merupakan rumah ibadah yang dianggap penting di Bogor, yang selalu disertakan dalam upacara perayaan Imlek di Kota Bogor.

Aksesibiliti[sunting | sunting sumber]

Pulo Geulis dapat dicapai dengan berjalan kaki melewati jambatan-jambatan yang menghubungkannya dengan tepian Sungai Ciliwung di sebelah barat (lingkungan Jalan Roda) dan sebelah timur (Jalan Riau). Jalan Riau ini berada tidak jauh di sebelah barat Terminal Bas Baranangsiang.

Nama lama[sunting | sunting sumber]

Pulo Geulis bererti pulau yang cantik (Sd. geulis = cantik). Sebelumnya pada masa dahulu pulau ini dikenali sebagai Pulau Parakan Baranangsiang; namun ada pula yang menyebutnya “Rawa Bangke”.

Pautan luar[sunting | sunting sumber]