Ruhut Sitompul

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Ruhut Sitompul
Kelahiran (1954-03-24) 24 Mac 1954 (umur 70)
PekerjaanPelakon
Pengacara, Peguambela
PasanganAnna Rudhiantiana Legawati [1]
Anak-anakChristian Husein Sitompul [1]
Ibu bapaHumala Sitompul dan Surtani Panggabean

Ruhut Sitompul, S.H. (lahir di Medan, Sumatera Utara, 24 Mac 1954; umur 70 tahun) adalah seorang pengacara, pelakon drama lipur lara, dan politikus Indonesia. Nama Ruhut melonjak berkat perannya sebagai tokoh pongah Poltak yang mengaku Raja Minyak dari Tarutung di drama lipur lara Gerhana. Ruhut juga menjawat jawatan Ketua DPP Partai Demokrat.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ruhut adalah anak kedua dari empat bersaudara pasangan Humala Sitompul dan Surtani Panggabean. Ia menamatkan pendidikan akademiknya di Fakulti Undang-undang, Universiti Padjadjaran, Bandung pada tahun 1979. Ia termasuk golongan peguam yang sedia menangani kes-kes yang bersifat kontroversi dan kurang popular di masyarakat. Salah satunya adalah bersama-sama dengan peguam Hotma Sitompul, menjadi peguam Ketua Umum Parti Golkar, Akbar Tandjung, dan juga beberapa yayasan milik bekas Presiden Soeharto ketika semua orang menghentam Orde Baru.

Meski demikian, tak dapat dinafikan nama Ruhut terkenal sejak dia bermain sebagai tokoh pongah Poltak yang mengaku Raja Minyak dari Tarutung di drama lipur lara Gerhana. Pembabitan Ruhut dalam drama lipur lara ini bermula secara tidak sengaja ketika membaca adegan Gerhana produksi StarVision. Ruhut memang telah lama menjadi pengacara StarVision. Mestipun pada awalnya hanya dirancang untuk muncul sehingga episode ke-13, namun penampilan Ruhut sebagai Bang Poltak sangat digemari peminat. Maka berlanjutlah peranannya sampai puluhan episode berikutnya.[2] Selain Gerhana, Ruhut juga membintangi Anak Ibuku, Taman Mertua Indah, dan James Bono. Selain itu, Ruhut juga kerap menjadi bintang tamu di banyak program jenaka dari Ngelaba, Asep Show, sampai Ketoprak Humor.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]