Siniu, Parigi Moutong

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Jump to navigation Jump to search
Siniu
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Tengah
KabupatenParigi Moutong
Kerajaan
 • Camat-
Kepadatan56 orang/km² (2006)
Desa/kelurahan7 desa

Siniu merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Indonesia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kec. Toribulu memanjang dari utara ke selatan sepanjang ±69 km dengan lebar dari timur ke barat ±13 km. Toribulu berada pada ketinggian 0-10 m dpl.

Sempadan[sunting | sunting sumber]

Utara Kecamatan Ampibabo
Selatan Kecamatan Parigi Utara
Barat Kabupaten Donggala
Timur Teluk Tomini


Desa[sunting | sunting sumber]

Kec. Siniu terdiri atas 7 desa, yakni:

  1. Marantale
  2. Silanga
  3. Siniu
  4. Tandaigi
  5. Toraranga
  6. Towera
  7. Uevolo

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk Kecamatan Siniu hasil registrasi penduduk tahun 2009 tercatat sejumlah 8.301 jiwa. Dengan luas wilayah 149,52 km², maka kepadatan penduduk di daerah ini sebesar 56 orang/km². Kepadatan penduduk tertinggi terdapat di Desa Toraranga yaitu 98 jiwa/km². Dengan jumlah rumah tangga sebanyak 1.898 rumah tangga, Kecamatan Siniu mempunyai rata-rata penduduk per rumah tangga sebanyak 4 jiwa/rumah tangga. Menurut jenis kelamin, jumlah penduduk laki-laki di Kecamatan Siniu tercatat sejumlah 4.282 jiwa dan perempuan 4.019 jiwa. Rasio jenis kelamin diperoleh dengan membandingkan jumlah penduduk laki-laki dengan penduduk perempuan dikalikan 100. Rasio jenis kelamin di Kecamatan Siniu mencapai angka 107, yang artinya dari seratus penduduk perempuan terdapat 107 penduduk laki-laki.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Fasilitas tingkat pendidikan formal yang ada di Kecamatan Siniu pada tahun 2009 masing-masing tercatat TK/PADU (Pendidikan Anak Dini Usia) sebanyak 12 unit, SD/MI 10 unit, SLTP/MTs 4 unit dan SMU/MA sebanyak 1 unit.

Kesihatan[sunting | sunting sumber]

Di Siniu tersedia 1 (satu) unit Puskesmas dan 3 unit Puskesmas Pembantu, dengan jumlah tenaga kesehatan yang bertugas pada fasilitas kesehatan sebanyak 7 orang, ditambah dengan dukun bayi 19 orang.