Sultan Muhammad Shah (Brunei)

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Pergi ke pandu arah Pergi ke carian

Sultan Muhammad Shah merupakan Sultan Brunei yang pertama dan memerintah Brunei dari tahun 1363 hingga tahun 1402. Baginda merupakan pemerintah Brunei pertama yang memeluk ugama Islam pada tahun 1363 melalui perkahwinan dengan puteri raja Bakhei dari Johor. Sebelum memeluk ugama Islam, baginda dikenali sebagai Awang Alak Betatar.

Kehidupan awal Muhammad Shah tidak diketahui. [Rujukan?] Kesultanan Brunei saat ini dibentuk oleh Muhammad Shah, dengan bantuan saudara-saudaranya Awang Pateh Berbai (juga dikenal sebagai Ahmad dari Brunei, Sultan kedua Brunei) dan Awang Semaun. Ia memerintah dari tahun 1368 sampai kematiannya pada tahun 1402. Ia memerintah sebagai Raja Awang Alak Betatar sampai awal 1360-an, di mana ia masuk Islam untuk menikahi putri Raja Temasik (Singapura Tua, yang dikenal sebagai Johor saat itu di Brunei. ).

Muhammad Shah meninggal pada tahun 1402, dan digantikan oleh Sultan Abdul Majid Hassan.

Tidak jelas siapa yang dinikahi Muhammad Shah, tetapi dilaporkan sebagai putri Iskandar Shah, atau putri Sang Nila Utama, keduanya dari Keluarga Sang Sapurba.

Tercatat bahwa Muhammad Shah mendirikan Kesultanan. Dia mengirim misi ke Cina pada tahun 1371; Ming Shih (Buku 325), sebuah buku referensi Cina kontemporer, mencatat bahwa Raja Brunei pada tahun 1370 adalah Ma-ho-mo-sa. Sejarawan lokal Brunei menganggap ini untuk merujuk pada "Muhammad Shah" Sultan Islam pertama Brunei, namun yang lain menganggapnya sebagai "Mahmud Shah". Sudut pandang lain adalah bahwa Ma-ho-mo-sa dapat diucapkan sebagai "Maha Moksha", yang berarti Keabadian Agung, nama Buddhis; ini sesuai dengan catatan Cina penggantinya juga memiliki nama Buddhis.

Putrinya, Putri Ratna Dewi, diduga menikah dengan seorang imigran Tionghoa bernama Ong Sum Ping juga bernama Ong Sum Ping yang memulai sebuah stasiun perdagangan di Mumiang di Sungai Kinabatangan. Untuk ini ia dianugerahi gelar bangsawan Pengiran Maharaja Lela dan terpilih sebagai Kepala Kinabatangan.

Ada bukti bahwa ada kehadiran Islam di wilayah Brunei saat ini sebelum Kesultanan saat ini - ada bukti bahwa ada juga dinasti Muslim yang sudah ada sebelumnya di daerah tersebut.

Paduka Sultan Muhammad Shah
Sultan Brunei ke-1
Pemerintahan1363 – 1402
Mangkat1402
PendahuluPosition Established
PenggantiAbdul Majid Hassan
AyahandaSultan Ibrahim Shah
BondaTunku Mala
AgamaSunni Islam