Tari Moende

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Moende (Tari Mo'ende)[1] adalah adalah tarian tradisional seni budaya suku Bare'e yang berasal dari Kabupaten Poso, dan Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah.

Tari Moende sering dilakukan oleh Suku Bare'e, dengan membentuk lingkaran dengan goyang mengikuti iringan lagu dan musik dari lalove (seruling), geso-geso, ganda (gendang), dan gongi (gong).

Gerakan Tari Moende adalah hampir sama dengan Tari Dero, Gerakan Tari Moende ada tiga jenis gerakan, sedangkan Tari Dero hanya satu jenis gerakan, tetapi yang dijelaskan disini adalah Tari Moende, dan Tari Moende biasa diadakan saat pesta panen padungku dan pesta rakyat lainnya yang ada hubungannya dengan acara Adat Suku Bare'e.

Tari Moende dilakukan dengan cara melingkar sembari berbalas pantun atau hanya gerakan menari dan melangkah saja tanpa berbalas pantun, yang terakhir yang disebutkan yaitu Tarian yang hanya gerakan menari dan melangkah saja tanpa berbalas pantun adalah jenis Tarian yang akhir-akhir ini menjadi pilihan utama warga masyarakat Suku Bare'e.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada zaman Kerajaan Tojo Di Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una yang sekarang yang semua penduduknya sudah beragama Islam, Moende pada awalnya dilakukan di dalam Lobo (pusat ibadah masyarakat Suku Bare'e untuk Puempalaburu sebelum masuk islam).

Tarian ini dilakukan ketika pasukan perang dari sebuah Lipu pulang pengayauan (penggal kepala). Mereka melakukan pengayauan karena dorongan kepercayaan mereka dimana diajarkan apabila ada musibah seperti panen gagal atau ada anggota masyarakat yang meninggal maka mereka harus mencari tengkorak kepala orang sebagai penolak bala. Demikian lalu tengkorak kepala yang didapatkan dari hasil pengayauan kemudian di letakan di tengah Lobo, lalu ditarikan oleh masyarakat secara melingkar dengan gaya yang sama seperti yang kita kenal sekarang dengan "Dero". Gerakan ini sangat bersifat magis dan kental nuansa spiritualnya. Daya magis tarian itu masih ada sampai sekarang.

Penyebutan atau penamaan Tari Dero pada tari massal yang terkenal di wilayah tana nto bare'e ini memiliki sejarah yang panjang. Dan di jaman moderen Tari Dero dan Tari Moende di tarikan dengan diiringi Musik Elekton.

Gerakan Tari[sunting | sunting sumber]

Tarian Moende ini dibedakan atas tiga macam gerakan dan langkah kaki sesuai dengan Tujuan Ada atau Adat Suku Bare'e nya (AdantanaNto Bare'e).

Gerakan Tarian Yang pertama disebut Ende Ntonggola, atau Tarian saat menyambut bulan purnama di saat mulai bercocok tanam.

Gerakan Tarian ende ntonggola, yaitu melangkahkan kaki ke kanan dua langkah, selangkah ke belakang dan seterusnya berulang.

Gerakan Tarian ende ntonggola yang dilakukan saat menyambut bulan purnama, di mana waktu mulai persiapan lahan menunggu waktu awal musim panen pada saat bulan mulai tertutupi.

Gerakan tari yang berikutnya disebut dengan ende ngkoyoe atau ende ntoroli, yaitu dua langkah ke kanan dan selangkah ke kiri. Gerakan ini dilakukan saat pesta panen padungku.

Gerakan tari yang terakhir disebut ende ada’ (adat), yang ditampilkan untuk penyambutan hari-hari adat atau perayaan. Gerakan Ende Ada' sama dengan ende ntoroli. Perbedannya terletak pada tangan para penari yang tidak bergandengan tangan.


Perbedaan[sunting | sunting sumber]

Gerakan Tari Moende adalah hampir sama dengan Tari Dero, tetapi Tari Moende sifatnya lebih ke Tujuan Ada atau acara-acara Adat Suku Bare'e[2] (AdantanaNto Bare'e), sedangkan Tari Dero lebih ke pesta-pesta rakyat biasa yang tidak ada hubungannya dengan Acara Adat Suku Bare'e atau Tari Dero tidak ada hubungan dengan Ende Ada, seperti Acara peresmian gedung kantor, menari massal, dan acara pesta rakyat lainnya yang tidak ada hubungan dengan salah satu dari Tujuan Tari Moende yaitu Ende Ada.



Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tari Moende Suku Bare'e, [1]", Diakses 8 Februari 2023.
  2. ^ SUKU BARE'E, [2]", Diakses 8 Februari 2023.