KRI Lemadang

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.

KRI Lemadang(806) telah dirasmikan pada 14 April 2003 oleh Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamir) Priok Jakarta. KRI Lemadang dibina oleh PT PAL bagi pihak tentera laut Indonesia.

Turut hadir dalam majlis perasmian tersebut adalah KSAL Laksamana Benard Kent Sondakh, Wakil KSAD Letjen Soemarsono, Wakil KSAU Marsda Wartoyo, Panglima Kostrad Letjen Bibit Waluyo, Panglima Komando Armabar Laksda Mualimin Santosa, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Makbul Padmanagara.

Dalam upacara tersebut juga diadakan penyerahan jawatan komandan dan penyematan tanda pangkat bagi Mayor (L) Kismayatul Islam sebagai pemerintah KRI Lemadang yang pertama.

KRI Lemadang (806) (FPB57) merupakan kapal tentera laut Indonesia jenis bot peronda pantas yang sentiasa bersedia mempertahankan negara Indonesia. KRI Lemadang memenuhi keperluan Indonesia dan berperanan mempertahankan Indonesia dari kapal-kapal musuh.

KRI Lemadang merupakan kapal keempat dalam siri FPB57 - Nav V. KRI Lemadang merupakan kapal ke dua belas direka dan dibina sepenuhnya di Indonesia sendiri di PT. PAL, Surabaya untuk tentera laut Indonesia. Ia ditauliahkan pada 19 April 2002.

Kapal peronda ini yang dibina dengan gentian kaca ini ringan dan mampu beroperasi di kawasan air cetek yang tidak mampu dihampiri oleh kapal perang biasa

Kapal lain dalam kelas yang sama adalah KRI Pandrong, KRI Sura, KRI Todak, KRI Hiu, KRI Layang, dan KRI Lemadang.

KRI Lemadang dilengkapkan untuk misi meronda dan dengan kelajuan tinggi ia mampu bertindak sebagai peninjau dalam pertempuran kapal ke kapal di permukaan laut "anti-surface warfare".

Torpedo[sunting | sunting sumber]

Tiada maklumat

Peluru berpandu[sunting | sunting sumber]

KRI Lemadang dilengkapi dengan peluru berpandu permukaan ke permukaan C 802 buata RRC, dengan jarak berkesan sejauh 130 kilometer

Meriam[sunting | sunting sumber]

KRI Lemadang juga dilengkapi dengan selaras meriam Bofors SAK 57 mm/70 dengan kadar tembakan 200 biji seminit. Jarak maksima berkesannya adalah 17 kilometer (9.3 batu nautikal) dengan berat setiap biji peluru seberat 2.4 kilogram. Meriam Bofors SAK 57 mm/70 ini menawarkan pertahanan udara jarak-dekat terhadap pesawat sayap kekal, pesawat sayap berputar, dan terhadap peluru berpandu anti-kapal yang datang yang diselaraskan dengan sistem kawalan penyelaras tempur Signaal LIROD Mk.2.

Terdapat juga selaras meriam Bofors SAK 40 mm/70 yang mampu memuntahkan 300 biji peluru seminit dengan jarak berkesan 12 kilometer (6.6 batu nautikal) dengan berat sebiji peluru 0.96 kilogram, sebagai anti kapal, pesawat udara, helikopter, peluru berpandu anti kapal.

Penangkis countermeasures[sunting | sunting sumber]

KRI Lemadang juga memiliki 2 laras meriam penangkis Serangan Udara (PSU) Rheinmetall 20 mm yang mempunyai kadar kadar tembakan 1000 biji seminit, dengan jarak berkesan 2 kilometer. Berat sebiji peluru adalah 0.24 kg menawarkan pertahanan udara jarak-dekat terhadap pesawat sayap kekal dan pesawat sayap berputar.

Pengesan[sunting | sunting sumber]

Tiada maklumat

Tujahan[sunting | sunting sumber]

FPB-57 NAV-V memiliki kelajuan 29 knot. Pada pertempuran laut ia boleh digunakan sebagai kapal peronda dan pengiring konvoi. Berfungsi sebagai patrol biasa pada waktu damai.

Departemen Pertahanan RI dalam hal ini diwakili Direktur Jenderal Sarana Pertahanan Departemen Pertahanan (Dirjen Ranahan Dephan) Mayjen TNI Aqlani Maza, MA, Senin (7/4) di Surabaya, menerima satu unit Kapal Perang FPB 57 NAV-V, KRI Lemadang (806) dari Derektur Utama PT. PAL Indonesia Dr. Adwin Suryo Adiprodjo, MBA selanjutnya diserahkan kepada Aslog KasaL Laksda TNI Ir. Sudaryanto, MM.

Dirjen Ranahan Dephan Mayjen TNI Aqlani Maza, MA mengatakan, penyerahan kapal FPB-57 NAV-V ini merupakan kapal terakhir dari empat unit kapal sesuai kontrak antara PT. PAL Indonesia dengan Departemen Pertahanan RI, yang apabila tidak ada kendala dalam pembangunannya sudah selesai pada tahun 2000.

Mayjen TNI Aqlani Maza, MA mengatakan, dengan fasilitas dan profesionalisme yang dimiliki oleh PT.PAL Indonesia, dimasa yang akan datang masih dapat ditingkatkan dan mampu menghasilkan kinerja dan produk yang lebih baik lagi untuk mengangkat kepercayaan semua pihak, terpenting dalam penyelesaian pembangunan kapal, PT. PAL Indonesia tetap mengutamakan azas tepat waktu, tepat teknologi dan tepat guna yang menjadi dambaan setiap pembeli dan pengguna.

Dirjen Ranahan Dephan mengemukakan, dengan penambahan satu unit Kapal FPB-57 NAV-V tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Armada TNI-AL dalam mengemban tugas yang diamanatkan bangsa dan negara dalam menjaga dan mengamankan wilayah perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kapal tersebut dapat dirawat dengan baik, agar memiliki usia pakai yang panjang.

Kapal FPB-57 KRI Lemadang (806) merupakan produk ke empat dari versi NAV-V sekaligus kapal ke-12 dari seri FPB-57 yang dibangun PT.PAL Indonesia untuk TNI-AL. Kapal NAV-V, pertama, kedua dan ketiga masing-masing KRI Todak, KRI Hiu dan KRI Layang telah diserahkan dan memperkuat jajaran Armada TNI-AL.

Dibandingkan dengan versi Kapal FPB terdahulu, FPB-57 Versi NAV-V memiliki beberapa kelebihan antara lain, dilengkapi sistem kendali persenjataannya (Fire Control System) yang lebih canggih. Dirancang mampu menyusup ke daerah lawan secara diam-diam dengan dukungan penggunaan radar yang diproduksi secara khusus. Relatif memiliki kecepatan lebih tinggi karena konstruksi bangunan atas dibuat lebih ringan. Dilengkapi dengan sistem pengoperasian yang lebih terintegrasi.

Pautan luar[sunting | sunting sumber]