PSIW Wonosobo

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
PSIW Wonosobo
Nama penuhPersatuan Sepak Bola Indonesia Wonosobo
GelaranDomba Jawa
(ms: Biri-biri Jawa)
Laskar Kolodete
(ms: Askar Kolodete)
StadiumStadium Kalianget
Wonosobo, Jawa Tengah
(Kapasiti: 1.000)
PemilikPemkab Wonosobo
LigaLiga 3
Warna tuan rumah
Warna tempat lawan

PSIW Wonosobo adalah sebuah kelab bola sepak dari Wonosobo, Jawa Tengah yang berlaga di Liga Nusantara sekarang ini disebut Liga 3, PSIW Wonosobo bermarkas di Stadion Kali Anget, Wonosobo. Julukan PSIW Wonosobo adalah Domba Jawa. Eksistensi PSIW sudah tercatat semenjak tahun 1937. Saat itu di Majalah Olahraga yang terbit pada bulan Maret 1937 menuliskan bahwa PSIW tercatat sebagai anggota PSSI dan berkantor di Garoengweg atau Jalan Garung. Salah satu pengurus PSIW kala itu bernama Moengin.

Meskipun tercatat sebagai anggota PSSI pada tahun 1937, namun tanggal yang tepat mengenai lahirnya PSIW Wonosobo masih menjadi pertanyaan bagi insan bola Wonosobo yang belum terpecahkan hingga kini.

Gelaran[sunting | sunting sumber]

  • Domba Jawa

Kota Wonosobo merupakan habitat binatang Domba Jawa. Fauna identitas Wonosobo juga Domba Jawa.

  • Laskar Kolodete

Kolodete sendiri di ambil dari nama seorang tokoh yang bersemayam di dataran tinggi dieng dan merupakan salah satu dari tiga tokoh yang diyakini sebagai pendiri Kabupaten Wonosobo. Tokoh Kolodete ini merupakan sosok yang sakti, kuat dan dihormati oleh warga Kabupaten Wonosobo). Sosok Kolodete diyakini masyarakat Wonosobo sebagai tokoh yang menurunkan titisan anak-anak terpilih yang memiliki rambut gembel atau gimbal.

Supporter[sunting | sunting sumber]

Pada masa lalu, medio awal tahun 2000- an saat PSIW berkompetisi dalam divisi 2A wilayah Jawa Tengah, PSIW memiliki kelompok suporter yang bernama "Pecinta Wonosobo Mania" lebih dikenal dengan Tawon Mania. Akan tetapi seiring vakumnya PSIW dalam gelaran kompetisi yang ada di Indonesia, kelompok suporter ini pun tidak terdengar lagi kabarnya.

PSIW juga memiliki kelompok suporter fanatik bernama Wonosobo Fans. Wonosobo Fans adalah kelompok suporter dengan gaya Ultras, kelompok suporter ini mulai eksis pada tahun 2017 saat Askab PSSI Wonosobo menyiapkan tim PSIW junior guna mengarungi Piala Soeratin. Hingga saat ini Wonosobo Fans masih eksis untuk mendukung PSIW saat mengarungi kompetisi baik di level junior maupun senior. Buktinya adalah saat PSIW berkompetisi pada Liga 3 zona Jawa Tengah musim 2021 bersama ISP Purworejo, Persak Kebumen, Persibas Banyumas, Persika Karanganyar, dan PPSM Magelang. Wonosobo Fans setia mendukung PSIW. Bukti lain kecintaan Wonosobo Fans pada PSIW dibuktikan ketika mereka mendampingi PSIW saat dilepas oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, S.Ag. untuk mengarungi kompetisi Liga 3 zona Jawa Tengah. Serta mengawal tim PSIW saat berangkat ke Temangggung dan Magelang untuk berkompetisi Liga 3 zona Jawa Tengah di terminal Mendolo.

Selain kedua suporter itu, PSIW didukung oleh suporter yang mengatasnamaan diri sebagai Laskar Kolodete189 (Laskot 189) dan Wonsobo Suporter Unic (Sonic).


Maskot[sunting | sunting sumber]

Nama maskot PSIW Wonosobo ialah Dombos, yang berbentuk binatang Domba Jawa. Julukan PSIW Wonosobo ini juga sesuai dengan fauna identitas resmi Wonosobo yaitu Domba Jawa.

Rujukan[sunting | sunting sumber]