Parsorminan

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
   Sejarah Desa Parsorminan. 

Diera sebelumnya Desa ini meliputi Sidagal, Bungus Hutaraja,Dolok sidua dua. Seiring perkembangan jaman dan pola pikir masyarakat yang mendiami Desa tersebut maka terjadi pula pengembangan maupun pemekaran Desa yaitu Desa Sidagal (Parsorminan I), Sedangkan tadinya Parsorminan II berubah menjadi Desa Sampagul meliputi Banjar, Lumban julu, Haddang Hoda, Dolok parmahanan, Sibagandingtua, huta baru. Desa Bungus, Hutaraja, Dolok sidua dua terbentuk pula menjadi satu Desa.

Desa Sampagul( Parsorminan II) dikelilingi 2 aliran sungai yaitu aek(sungai)Bottar dan aek Sappean. Perbedaan dari kedua aliran sungai ini bila kita perhatikan dan rasakan adalah tingkat kejernihan dan rasa hangat serta dinginnya air diantara kedua sungainya.

Mata pencaharian atau pekerjaan masyarakat sekitarnya pada umumnya adalah Petani. Pertanian dan tumbuhanan yang pernah saya temukan didesa ini meliputi bertanam padi di sawah atau ladang(darat)begitu juga kebun Kemenyaan, kopi jagung, cabe, tomat. Sayuran, buah terong belanda, jeruk, nanas, tebu dan ternak ikan uanggas, Babi, kerbau. Sedangkan untuk bumbu, bawang, tomat biji kecil ( rengge rengge), bawangbatak, Andaliman,jahe, kunyit,lengkuas,daun hasabbe pengganti buah asam, jeruk purut(utte pangir), Napuran, gambir,tuak,lage (bayon) atau tikar, kulit manis, rotan,(Hotang)sekala kebutuhan keperluan rumah tangga.

SDA Desa Sampagul(Parsorminan II)

Sumber daya alam Desa Sampagul sampai di era 2023 ini belum ada melakukan penelitian potensi tentang barang tambang,Produksi tanaman yg paling cocok, Peternakan, pembangunan Pabrik,hewan, burung binatang langka. Desa Sampagul ini juga bisa dibangun menjadi produksi batu bata, bata putih(hebel) dimana klo kita mau bersihkan kuburan saudara saudari kita yg meninggal (mangarihiti) selalu menggunakan pasir putih yg diambil disekitar sawahan.

Desa Sampagul bisa juga dibangun menjadi kawasan wisata seperti Bali yaitu Sanur Bali yg kawasannya terkenal dengan tananaman Padi. 
Desa Sampagul sekitarnya perkiraan saya bisa mendapatkan lampu listrik ditahun 1991, Sedangkan untuk Pembangunan sarana telekomunikasi internet HP diera 2023 sudah bisa diakses serta jangkauan waktu menuju Desa Sampagul bisa melalui Penerbangan Sibolangit (Pinang sore) dan Lebih dekat melalui Bandara Silangit Siborong borong.