Pengguna:Glorious Engine/4 2014

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Manakah Wikipedia Asia Pertama Yang Mencapai Artikel ke-1.000.000 ?
17 Februari 2014

Siapa sajakah kandidatnya ?

Dalam Yayasan Wikimedia, telah ada Wikipedia-Wikipedia yang mengisi peringkat artikel ke-1.000.000 dari 1 sampai 9. Seluruh peringkat tersebut telah didominasi oleh Wikipedia-Wikipedia dari id:benua Eropa. Wikipedia-Wikipedia tersebut tentunya meliputi id:Wikipedia bahasa Inggris yang menemempati peringkat ke-1 serta Wikipedia-Wikipedia lainnya yakni id:Wikipedia bahasa Belanda yang menemempati peringkat ke-2, id:Wikipedia bahasa Jerman yang menemempati peringkat ke-3, id:Wikipedia bahasa Swedia yang menemempati peringkat ke-4, id:Wikipedia bahasa Perancis yang menemempati peringkat ke-5, id:Wikipedia bahasa Italia yang menemempati peringkat ke-6, id:Wikipedia bahasa Rusia yang menemempati peringkat ke-7, id:Wikipedia bahasa Spanyol yang menemempati peringkat ke-8, dan yang terakhir adalah id:Wikipedia bahasa Polandia yang menemempati peringkat ke-9.

Itu artinya masih terdapat 1 peringkat dari 10 besar dalam hal peringkat artikel ke-1.000.000. Jika dilihat dari daftar-nya[1], maka terlihat bahwa Wikipedia dengan peringkat ke-10 adalah id:Wikipedia bahasa Waray-Waray namun masih 50.000an artikel lagi untuk mencapai artikel ke-1.000.000. Wikipedia bahasa Waray-Waray sendiri adalah bahasa lokal dari Filipina yang jauh melampaui jumlah artikel dari Wikipedia bahasa nasional-nya sendiri yakni Wikipedia bahasa Tagalog yang masih menempati posisi ke-60, demikian pula dengan id:Wikipedia bahasa Cebuano yang juga bahasa lokal dari Filipina yang juga jauh melampaui jumlah artikel bahasa nasional-nya sendiri serta menempati posisi ke-12 yang tak jauh dari posisi Wikipedia bahasa Waray-Waray. Ditambah lagi jumlah pengurusnya yang masih terbilang kecil yakni hanya 7 untuk Wikipedia bahasa Cebuano sedangkan hanya 2 untuk Wikipedia bahasa Waray-Waray.[1] Hal ini wajar terjadi karena salah satu pengguna setempat disana yakni war:User:JinJian serta beberapa bot terlalu banyak membuat artikel yang singkat-singkat tentang komune-komune di Perancis, komune-komune di Italia, dan kota-kota di Filipina.[2]

Namun berbeda dengan Wikipedia bahasa Waray-Waray, Wikipedia bahasa Cebuano sendiri telah disalip oleh id:Wikipedia bahasa Jepang yang menempati posisi ke-11. Meskipun sebelumnya pernah disalip oleh Wikipedia bahasa Vietnam, namun kemudian dapat menyalip posisinya kembali. Wikipedia itu sendiri masih lebih baik karena merupakan bahasa nasional suatu negara yakni negara Jepang, memiliki artikel yang lebih berisi, serta telah memiliki 53 pengurus. Ditambah lagi, Jepang di dunia nyata adalah negara Asia pertama yang memajukan dan memodernisasikan diri selayaknya negara-negara Eropa oleh id:Kaisar Meiji hingga juga memiliki pengaruh besar terhadap negara-negara Asia lainnya. Adapula Wikipedia bahasa Mandarin, yang juga merupakan bahasa nasional negara China, yang tak jauh dari Wikipedia bahasa Jepang dengan posisi ke-15. Jikalau saya memiliki kemampuan bahasa dari Asia selain bahasa Indonesia dan bahasa Melayu, saya mungkin akan lebih aktif di Wikipedia bahasa Mandarin atau Wikipedia bahasa Jepang dalam mengembangkan jumlah artikel di Wikimedia mengingat dalam jumlah artikel melebihi Wikipedia bahasa Indonesia. Meskipun demikian, terdapat suatu kendala tersendiri mengingat aksara yang digunakan berbeda dengan bahasa lainnya.

Di posisi ke-13, terdapat Wikipedia bahasa Vietnam, yang merupakan bahasa nasional negara Vietnam, yang sebelumnya telah mengalahkan Wikipedia-Wikipedia dari Asia Tenggara lainnya termasuk diantaranya adalah Wikipedia bahasa Indonesia yang merupakan Wikipedia terbesar di Asia Tenggara itu sendiri[3] hingga akhirnya melaju ke tingkat Wikipedia-Wikipedia dari seluruh Asia melawan Wikipedia bahasa Mandarin dan Wikipedia bahasa Jepang.

Bagaimana dengan Wikipedia bahasa Indonesia (WBI) ? WBI sendiri telah berkali-kali terjadi kasus disalip Wikipedia bahasa lainnya seperti Wikipedia bahasa Korea, Wikipedia bahasa Vietnam seperti yang saya katakan diatas, serta Wikipedia dari bahasa daerahnya sendiri yakni Wikipedia bahasa Melayu dan Wikipedia bahasa Minangkabau, persis seperti yang terjadi pada Wikipedia bahasa Tagalog. Semuanya telah berhasil disalip kembali, kecuali Wikipedia bahasa Vietnam.