Sekolah Luar Biasa C Asih Budi II

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Sekolah Luar Biasa C Asih Budi II
Lokasi
Jl. Pendidikan Duren Sawit Jaktim, Jaktim, Provinsi DKI Jakarta
Indonesia Indonesia
Maklumat
Jenis sekolahSekolah Luar Biasa, Swasta
Nombor sekolah(021) 8625208
Kod sekolahNPSN = 20109285
NSS =
Laman sesawang


Sekolah Luar Biasa C Asih Budi II atau nama ringkasnya SLB C Asih Budi II, merupakan sebuah Sekolah Luar Biasa Swasta yang terletak di Jl. Pendidikan Duren Sawit Jaktim, Jakarta Timur, Indonesia.

Sekolah Luar Biasa C Asih Budi II memiliki kod NPSN 20109285. Pada 2010, SLB C Asih Budi II memiliki 10 pelajar lelaki dan 12 pelajar perempuan, menjadikan jumlah keseluruhan murid seramai 22 orang. 2010

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yayasan Asih Budi secara resmi dikukuhkan pada tanggal 28 Desember 1957didirikan oleh Ibu R.A. Hisnat Soerjomihardjo (alm), sebagai salah satu Organisasi Sosial Kemasyarakatan di Jakarta yang menyelenggarakan dan mengelola Pendidikan Luar Biasa (PLB) yaitu lembaga pendidikan khusus bagi anak-anak Tunagrahita ringan ( anak-anak yang mempunyai I.Q diantara 55 - 70 / skala WISC ), dimana mereka tidak mampu mengikuti program pendidikan pada sekolah biasa. Pada awal berdirinya PLB Yayasan Asih Budi, mengkhususkan diri pada pemberian pelayanan pendidikan bagi anak-anak tunagrahita ringan usia sekolah dasar. Sejalan dengan makin berkembangnya pandangan positif masyarakat terhadap para penyandang tunagrahita dan didorong oleh kebutuhan nyata masyarakat akan pelayanan pendidikan lanjutan bagi anak-anaknya yang tunagrahita, tahap demi tahap Yayasan Asih Budi melangkah lebih lanjut dalam menjawab tantangan tersebut. Sejak dekade 1980 mulai disusun pola pelayanan pendidikan dan latihan yang tuntas dan terpadu diawali dengan intervensi pada usia dini sampai kepada program pelatihan kerja dengan harapan agar anak didiknya mampu berkembang secara optimal, yang pada gilirannya mampu mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan kemampuan yang masih dimilikinya sehingga merekadapat melakukan fungsi sosialnya secara wajar di masyarakat. Program pelayanan pendidikan formal yang dikembangkan olehYayasan Asih Budi mengacu dan berlandaskan kepada Undang-Undang Pendidikan Nasional No. 02/1989 dan Peraturan Pemerintah RI No. 72 tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa yang tertuang dalam Landasan, Program dan Pengembangan Kurikulum PLB untuk tunagrahita ringan tahun 1994 dan ditunjang oleh program pengembangan pendidikan informal dan non informal yang telah terakomodasikan pada PP RI No. 72/1991, pasal 33 ayat (2) dan ayat (3). Dalam menunjang program rehabilitasi dan sosialisasi bagi para penyandang tunagrahita, Yayasan Asih Budi telah memelopori berdirinya wadah pembinaan dan pengembangan olahraga khusus bagi tunagrahita dalam wadah Special Olympics Indonesia (SOIna)yang telah berkembang dengan pesat dan telah mendapatkan pengakuan baik di tingkat nasional, regional maupun internasional yang diwujudkan dalam prestasi para atlet tunagrahita. Sedangkan untuk program pembinaan berkaryanya Asih Budi menjadi koordinator Kelompok Usaha Bersama ( KUB ) antar Penca dibawah bimbingan pelatih masing-masing.


Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Untuk detail lebih lanjut silahkan mengunjungi kami via :

- Facebook

- Twitter

- Channel Youtube

Alamat[sunting | sunting sumber]

Sekolah Luar Biasa C Asih Budi II
Jl. Pendidikan Duren Sawit Jaktim,
Jakarta Timur, DKI Jakarta,
Indonesia
Telefon = (021) 8625208
Fax = (021) 863 1929

Pautan luar[sunting | sunting sumber]