Taman Kanak-kanak Al Ikhsan

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Taman Kanak-kanak Al Ikhsan
Lokasi
Jl. Seulawah Raya Komp Waringin Permai Raya No. P6, Waringin Permai, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur., Provinsi DKI Jakarta
Indonesia Indonesia
Maklumat
Jenis sekolahTaman Kanak-kanak, Swasta
Kod sekolahNPSN = 20111790
NSS =
Laman sesawang


Taman Kanak-kanak Al Ikhsan atau nama ringkasnya TK Al Ikhsan, merupakan sebuah Taman Kanak-kanak Swasta yang terletak di Jl. Seulawah Raya Komp Waringin Per, Jakarta Timur, Indonesia.

Taman Kanak-kanak Al Ikhsan memiliki kod NPSN 20111790.

Serba-Serbi TK Al-Ikhsan[sunting | sunting sumber]

. Visi Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan Taman kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan turut berperanan aktif dalam mecerdaskan bangsa melalui pendidikan akademik san kerohanian, memembentuk manusia yang seimbang jasmani dan tohani, dan manusia soleh yang cinta pada bangsa dan tanah air serta mampu menjadi rahmat bagi seisi alam. b. Misi Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan mempunyai misi sebagai berkut. 1. Membina anak menjadi anak yang soleh. 2. Membantu anak untuk mengembangkan seluruh potensi yang ada padanya secara optimal. 3. Menciptakan anak yang memiliki semangat kebangsaan dan cinta tanah air. 4. Menghasilkan lulusan yang berkualiti dan berperan dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertakwa kepada Allah Swt.

c. Kaedah Belajar di Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan menerapkan sistem belajar “Active Learning” yang menitikberatkan pada keaktifan anak dalam proses belajar mengajar. Selain itu, dalam pennyampaian materi pembelajarannya pun dilakukan melalui pendekatan “Belajar Sambil Bermain dengan melakukan praktik dan percobaan-percobaan ilmiah.

d. Kurikulum di Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan Taman Kanak-kanak Al-Ikhsan melaksanakan Kurikulum Nasional dengan penekanan pada materi-materi penting dan disesuaikan secara kreatif dan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masa depan, dengan menyerapkan nilai-nilai keagamaan dalam proses belajar mengajar. Selain itu, Kurikulum TK disesuaikan pada keperluan anak yang sedang berkembang pemikirannya, imajinasinya, dan spiritualitasnya.

e. Pendekatan Pembelajaran di Taman-Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan Taman kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan terus melakukan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar anak. Upaya yang dilakukan, antara lain sebagai berikut.

  1. Pengayaan remedial.
  2. Konseling terpadu yang melibatkan orang tua dan anak dengan bibingan konselor.
  3. Pembinaan akhlak, melalui berbagai kegiatan, di antaranya melakukan kewajiban sholat, iqro, dan pengenalan kegiatan haji melalui manasik haji.
  4. Melakukan kunjungan ke berbagai instansi untuk menambah pengetahuan anak, di antaranya kunjungan ke dokter gigi dan Kantor Pos. Kegiatan kunjungan ke berbagai intansi ini dilakukan untuk menambah wawasan dan pengenalan potensi anak.
  5. Kegiatan yang menumbuhkan kepekaan sosial, seperti kegiatan bakti sosial.
  6. Menggunakan Audio Visual dan Komputer, untuk menambah daya tarik anak, sekaligus meningkakan kemampuan anak dalam belajar.
  7. Melakukan kegiatan karya wisata untuk menambah kecintaan anak terhadap lingkungan, sekaligus mengenalkan anak terhadap lingkungan yang belum dikenalnya di sekolah maupun di rumah.
  8. Pementasan akhir tahun untuk melatih keberanian dan kreativitas anak.

f. Tenaga Pengajar dan Karyawan Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan memiliki tenaga pengajar yang terdiri atas tenaga penagajar yang mempunyai sertifikasi, kualifikasi, dan berpengalaman dalam dunia pendidikan. Selain itu, TK Al-Ikhsan selalu meningkatkan tenaga pengajar dengan melakukan pengembangan pendidikan, di antaranya melalui training dan konsultasi dengan pakar pendidikan dan psikologi anak. Selain tenaga pengajar, TK Al-Ikhsan pun memiliki sejumlah karyawan, seperti bagian administrasi, katpam, dan penjaga sekolah. Berikut ini data tim tenaga pengajar dan karyawan TK Al-Ikhsan dan karyawan, antara lain Dra. Endang Rosiana (Kepala Sekolah,Isniah Diang Juliantini (guru),Latifah(guru),Nasratul Mila(guru),Neli Sri Hastuti(guru),Suryaningsih(guru),Indriany Inaya(guru),Tri Yulianti(guru),Zuliani(guru),Mulyono (keamanan),Satinah (rumah tangga),Kamini (rumah tangga), danKelik (keamanan),

h. Kemudahan Belajar di Taman Kanak-kanak (TK) Al-Ikhsan

Untuk menunjang keberhasilan proses belajar, TK Al-Ikhsan dilengkapidengan fasilitas belajar, antara lain:

1) ruangan kelas berhawa dingin; 2) makmal komputer; 3) kemudahan bermain modern; 4) surau; 5) perpustakaan; 6) tempat bermain luas; 7) ruang serba guna; 8) ruang audio visual; 9) arena pasir; dan 10) kolam pemeliharaan ikan.

i. Kegiatan Ektra Kurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat, anak didik berhak mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang meliputi kegiatan, anatara lain: 1) menari; 2) menggambar-melukis; 3) karate; 4) vokal; 5) musik

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Alamat[sunting | sunting sumber]

Taman Kanak-kanak Al Ikhsan
Jl. Seulawah Raya Komp Waringin Per,
Jakarta Timur, DKI Jakarta,
Indonesia
Telefon =
Fax =

Pautan luar[sunting | sunting sumber]

  • Indonesia Laman di Kementerian Pendidikan Nasional, Republik Indonesia 2010 / 2011