The Butterfly Effect

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Jump to navigation Jump to search
The Butterfly Effect
Pengarah
Penerbit
Penulis
  • Eric Bress
  • J. Mackye Gruber
Dibintangi oleh
Muzik olehMichael Suby
SinematografiMatthew F. Leonetti
Disunting olehPeter Amundson
Syarikat
penerbitan
FilmEngine
BenderSpink
Katalyst
PengedarNew Line Cinema
Mula ditayangkan
23 Januari 2004 (2004-01-23)
Tempoh tayangan
119 minit
NegaraAmerika Syarikat
BahasaInggeris
PerbelanjaanAS$13 juta[1]
Pecah panggungAS$96.1 juta[1]

The Butterfly Effect adalah sebuah filem bergenre sains Amerika tahun 2004 yang diarahkan oleh Eric Bress. Filem ini dibintangi oleh Ashton Kutcher dan Amy Smart.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Evan yang sering mengalami hilang kesadaran sementara dalam beberapa kejadian. Misalnya, Evan tidak ingat kenapa ia menggambar seorang pria yang membunuh dua orang pria, dan membuat seisi kelas termasuk gurunya takut padanya. Evan tidak ingat kenapa ia menggenggam sebuah pisau dan ibunya kaget setengah mati saat melihatnya. Evan juga tidak ingat apa yang terjadi setelah ia dan teman-temannya menyimpan sebuah dinamit pada rumah wanita yang memiliki bayi. Evan tidak ingat mengapa ayahnya mencekiknya saat ia mengunjunginya yang sedang dirawat di rumah sakit jiwa.

Akhirnya karena terjadi masalah terus, ibu Evan pun memutuskan pindah rumah dan membawa Evan bersamanya. Evan pun sedih karena harus berpisah sama gadis yang disukainya, Kelly. Evan bisa hidup sampai ke jenjang kuliah, tanpa mengalami kehilangan kesadaran lagi. Namun saat ia membaca buku hariannya, ia tiba-tiba terlempar ke masa lalu sesuai dengan kejadian yang ditulis di buku harian itu. Sedikit demi sedikit Evan jadi tahu apa yang terjadi saat ia mengalami hilang kesadaran waktu dulu.

Namun ternyata tidak hanya itu. Evan yang dapat kembali ke masa lalu juga dapat mengubah masa depan. Maka dari itu ia pun berulang kali membaca buku hariannya pada bagian-bagian yang ia rasa perlu diubah. Sayangnya meski ia dapat mengubah masa lalu, ia tidak bisa mencegah terjadinya hal buruk yang mengintainya juga. Ia berkali-kali gagal mengubah masa lalunya ke arah yang lebih baik. Salah satunya akhirnya ia tahu bahwa wanita dan bayi yang rumahnya ia simpan dinamit telah tewas, Evan pun ingin mengubahnya. Saat si wanita akan membuka kotak surat yang disimpan dinamit di dalamnya, Evan pun menyelamatkannya. Namun setelahnya Evan malah kehilangan tangan. Ia juga tidak menyangka jika gadis yang disukainya, Kelly, malah pacaran dengan temannya sendiri, yang bernama Lenny.

Evan pun sadar ia memang bisa mengubah masa lalu, namun tidak sepenuhnya masa depan terjadi sesuai dengan keinginannya. Ia memang punya satu misi, yaitu bisa bersama terus dengan Kelly. Akhirnya Evan pun memutuskan hal yang berat, tapi harus ia lakukan agar dunianya tidak berubah jadi kacau.

Pelakon[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pautan luar[sunting | sunting sumber]