Badan Pimpinan Saksi Jehovah

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Lompat ke: pandu arah, cari

Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa (Governing Body of Jehovah's Witnesses) adalah kelompok badan penatua yang mengawasi kegiatan umat Allah di seluas dunia dan memenuhi kebutuhan rohani bagi mereka, misalnya, lektur-lektur yang akan digunakan untuk dinas pengabaran.

Ruang lingkup dan keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Angota-anggotanya terdiri dari kelompok pria yang melayani di kantor pusat Saksi-Saksi Yehuwa di Brooklyn, New York, dikenal sebagai "Betel" yang berarti "Rumah Allah". Mereka adalah kelompok penatua yang mempunyai harapan hidup di surga. Jumlah anggota Badan Pimpinan sangat bervariasi dari tahun ke tahun. Badan Pimpinan tidak mempunyai kepala pimpinan (chairman) yang tetap atau permanen; setiap tahunnya posisi chairman berganti berdasarkan abjad alfabet.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Lembaga Menara Pengawal adalah Badan Hukum yang dikenal Zion’s Watch Tower Tract Society pada tahun 1884. Para direktur yang melayani sebagai Badan Pimpinan pusat yang mengawasi pengabaran Kerajaan secara global. Pada tahun 1971 dibentuklah kelompok Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa yang terdiri dari tujuh pria. Belakangan, Badan Pimpinan diperbesar di bawah kepemimpinan Presiden Knorr menjadi 18 anggota.

Sejak 1 Januari 1976, seluruh aktivitas Lembaga Menara Pengawal, kantor pusat, kantor cabang, dan sidang-sidang Saksi-Saksi Yehuwa langsung berada di bawah kepengawasan Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa di Brooklyn, New York.

Panitia[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan Badan Pimpinan dibagi tugas kepada enam panitia. Masing-masing panitia mengawasi kegiatan administrasi departemen dan penerapan keputusan dari Badan Pimpinan

Panitia Personel - menyusun kegiatan para sukarelawan yang melayani di kantor pusat dan kantor-kantor cabang di seluruh dunia.

Panitia Penerbitan - menangani penerbitan lektur Saksi-Saksi Yehuwa dan termasuk izin pencetakan serta properti fasilitas-fasilitas pencetakan. Panitia ini mengawasi pencetakan, penerbitan, dan pengiriman lektur ke seluruh dunia. Panitia ini bertanggung jawab atas penanganan pabrik-pabrik pencetakan, properti-properti yang dimiliki, dan berbagai kegiatan badan hukum yang digunakan oleh Saksi-Saksi Yehuwa di seluruh dunia.

Panitia Dinas - mengawasi para pengawas keliling, para perintis dan kegiatan-kegiatan penyiar sidang.

Panitia Pengajaran - menyusun petemuan-pertemuan sidang, hari-hari kebaktian-kebaktian istimewa, hari-hari kebaktian-kebaktian wilayah, hari-hari kebaktian-kebaktian distrik, dan hari-hari kebaktian-kebaktian internasional juga berbagai macam sekolah bagi para penatus, para hamba pelayanan, para perintis, para misionaris atau utusan injil, seperti Sekolah Gilead. Panitia ini bertanggung jawab mengawasi pengajaran atau instruksi pendidikan rohani bagi umat Yehuwa melalui sekolah-sekolah, kebaktian-kebaktian, dan keluarga Betel. Panitia in juga mengawasi garis-garis besar materi yang akan digunakan untuk pendidikan. Bidang-bidang pengajaran yang ditangani oleh panitia ini termasuk:

  1. Sekolah Alkitab Gilead Menara Pengawal;
  2. Sekolah Pelayanan Kerajaan;
  3. Sekolah Pelayanan Teokratis;
  4. Sekolah Dinas Betel;
  5. Tabel Program Betel;
  6. Pertemuan Keluarga Betel;
  7. Kebaktian-kebaktian Internasional;
  8. Kebaktian-kebaktian Distrik;
  9. Kebaktian-kebaktian Istimewa;
  10. Special Assembly Days;
  11. Program-program TV dan Radio;
  12. Sekolah Dinasa Perintis;
  13. Kelas-kelas Bahasa Isyarat;
  14. News Service;
  15. Sekolah Pelatihan Pelayanan;
  16. Sekolah Pengawas Keliling;
  17. Sekolah Panitia Cabang;
  18. Semua audio kaset dan program-program video.

Panitia Penulisan - mengawasi penulisan dan penerjemahan semua publikasi yang diterbitkan oleh Saksi-Saksi Yehuwa. Publikasi-publikasi yang diawasi oleh panitia ini termasuk majalah-majalah Menara Pengawal and Sedarlah!, semua bundel majalah, buku, buku kecil, brosur, risalat, selebaran, Pelayanan Kerjaan Kita,

Anggota[sunting | sunting sumber]

Baru (tahun dilantik)[sunting | sunting sumber]

Pada bulan 2014, para anggota Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa, menurut abjad alfabet, adalah:

Mantan anggota (yang telah meninggal)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

1. ^Menara Pengawal 1 Februari 1999, h.17

2. ^Saksi-Saksi Yehuwa—Pemberita Kerajaan Allah, 1993, h. 112-6, Watchtower Bible and Tract Society of New York, Inc.