Ramayana

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Lompat ke: pandu arah, cari
Teks Hindu
Aum.svg
Śruti

Smriti

Ramayana dari bahasa Sanskrit Rāmāyaa yang berasal dari kata Rāma dan Ayaa yang berarti "Perjalanan Rama", adalah sebuah cerita epik dari India. Cerita epik lainnya adalah Mahabharata.

Ramayana ditulis oleh Walmiki (Valmiki) atau Balmiki.

Kisah cerita epik ini sebenarnya sangat sederhana. Ada seorang pangeran, bernama Rama yang merupakan titisan atau kelahiran semula dewa Wisnu di dunia. Sebenarnya ia berhak untuk menjadi raja di Ayodyapura menggantikan ayahnya prabu Dasarata, tetapi ayahnya sudah menjanjikan kerajaan kepada anaknya dari istri lain, yaitu Barata. Lalu Sri Rama yang berkahwin dengan Sita mengembara bersama adiknya; Laksamana.

Sita lalu diculik oleh Rawana atau Rahwana dari Alengkapura dan ingin dikawininya, Sita menolak dan Rama ingin mengambilnya kembali. Lalu Rama yang dibantu oleh Laksamana, Hanuman, Wibisana (adik Rahwana) menyerang Alengkapura untuk merebut kembali Sita.

Sekembalinya kesucian Sita diuji dengan dibakar. Ternyata tidak apa-apa.

Ramayana terdapat pula dalam khazanah sastra Jawa dalam bentuk kakawin Ramayana, dan gubahan-gubahannya dalam bahasa Jawa Baru yang tidak semua berdasarkan kakawin ini.

Dalam bahasa Melayu didapati pula Hikayat Seri Rama yang isinya berbeza dengan kakawin Ramayana dalam bahasa Jawa kuna.

Di India dalam bahasa Sanskrit, Ramayana dibagi menjadi tujuh kitab atau kanda berikut:

  1. Balakanda
  2. Ayodhyakanda
  3. Aranyakanda
  4. Kiskindhakanda
  5. Sundarakanda
  6. Yuddhakanda
  7. Uttarakanda

Banyak yang berpendapat bahwa kanda pertama dan ketujuh merupakan sisipan baru. Dalam bahasa Jawa Kuna, Uttarakanda didapati pula.


Lihat pula: