Sumber Hadi, Labuhan Maringgai

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Sumber Hadi
Negara Indonesia
ProvinsiLampung
KabupatenLampung Timur
KecamatanMelinting
Luas-
Jumlah pendudukLebih dari 3500 jiwa
Kepadatan-

Sumber Hadi merupakan sebuah desa di kecamatan Melinting,, Lampung Timur, Lampung, Indonesia.Berdiri pada tahun 1971 oleh Para sesepuh desa dengan Hadi wardoyo sebagai kepala desa pertama.

Sebelum menjadi desa, Desa Sumberhadiaadalah bagian dari Desa Tebing. Dikarenakan era orde baru diadakan program transmigrasi, maka Desa Tebing menjadi salah satu tujuan para transmigran untuk mencari peruntungannya. Dan pada akhirnya semakin banyak pendatang yang tinggal sementara dan sambil menggarap kebun dari pribumi hingga akhirnya para transmigran berkembang pesat dan bisa memiliki kebunnya sendiri. Sehingga seiring waktu berganti para transmigran mendapatkan tempat yang cocok dan merasa saatnya untuk dibuatkan sebuah dusun atau kampung dan beberapa kemudian maju dan menjadi Desa Sumberhadi.


Desa Sumberhadi berbatasan langsung dengan Desa Wana di sebelah utara, Desa Tebing dan Kecamatan Gunung Pelindung di timur, Desa Pematang Tahalo di selatan dan Itik Rendai di sebelah barat. Sesuai tradisi masyarakat jawa yang mendiami desa ini, maka selalu menggelar bersih desa pada acara ulang tahun dengan menghadirkan acara lomba desa serta berbagai tradisi seni budaya seperti jathilan dan wayang kulit. Sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani, dengan hasil buminya antara lain jagung, singkong, padi, kelapa, ikan tawar, Perdagangan, dll.

Desa Sumberhadi memiliki makna yaitu "Sumber yang artinya tempat berkumpulnya mata air" dan "Hadi dalam bahasa arab artinya petunjuk, sedangkan dalam kamus jawa artinya kuat atau tangguh".

Ini senada dengan adanya mata air ikonik desa yaitu belik wakap atau sendang wakap yang mana airnya hingga kini masih baik dan segar terawat.