Mengwi, Badung

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Jump to navigation Jump to search
Mengwi
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Bali
Kabupaten Badung
Luas 82 km²
Jumlah penduduk 101.126 jiwa (2004)
Kepadatan 1.233

Kecamatan Mengwi adalah sebuah kecamatan di kabupaten Badung, Bali, Indonesia.Luasnya adalah 82.00 km². Pada tahun 2004, penduduknya berjumlah 101,126 orang. Kecamatan ini juga merupakan ibu kota kabupaten.

Kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Abianbase
  2. Baha
  3. Buduk
  4. Cemagi
  5. Gulingan
  6. Kapal
  7. Kekeran
  8. Kuwum
  9. Lukluk
  10. Mengwi
  11. Mengwitani
  12. Munggu
  13. Penarungan
  14. Pererenan
  15. Sading
  16. Sembung
  17. Sempidi
  18. Sobangan
  19. Tumbak Bayuh
  20. Werdi Bhuwana

Sejarah[sunting | sunting sumber]

I Gusti Agung Putu adalah putra dari I Gusti Agung Anom. Ia bergelar I Gusti Agung Made Agung mendirikan kerajaan Mengwi dan menjadi Raja Mengwi I pada tahun 1723, sebelum menjadi Raja, I Gusti Agung Putu di tawan oleh Raja Tabanan yang bergelar Sri Megada Sakti / I Gusti Alit Dawuh dan dibesarkan di Kerajaan Marga kemudian oleh Raja Marga I Gusti Balangan diberikan bimbingan spiritual, sehingga I Gusti Agung Putu diberikan sebidang tanah untuk mendirikan Kerajaan/Puri pertamanya di Desa Peken dengan nama Puri Balayu. namun tidak bertahan lama I Gusti Agung Putu menlanjutkan perjalanan ke selatan dengan tujuan balas dendam dengan I Gusti Ngurah Batu Tumpang dari Kekeran. kemenangan inilah membawa masa kejayaan sampai ke Blambangan.

Mengwi pada zaman dahulu merupakan sebuah kerajaan mandiri. Namun Mengwi kalah perang dan akhirnya pada tahun 1891 wilayahnya dibagi-bagi antara Tabanan dan Badung.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Templat:Indo-geo-stub