Purworejo

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Jump to navigation Jump to search

'Purworejo ialah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di sekitar 60 kilometer dari Yogyakarta ke arah barat, dan merupakan sebuah kawasan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Purworejo ditubuhkan pada 5 Oktober 901, berdasarkan bukti sejarah primer, Prasasti Kayu Ara Hiwang. Prasasti Kayu Ara Hiwang berupa batu andesit yang ditemukan di Desa Boro Wetan, Kecamatan Banyuurip. Dalam salah satu kalimat yang ditulis dalam bahasa Jawa Kuno disebutkan tanggal, bulan, dan tahun yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi kabupaten ini.

Banyak bangunan Hindia Belanda yang masih terawat dan masih digunakan diantaranya adalah Masjid Jami Purworejo (1834), rumah dinas bupati (1840), dan bangunan yang sekarang dikenal sebagai gereja GPIB (1879). Lahan terbuka yang disebut alun-alun, seluas 6 hektar juga masih pertahankan. Alun-alun ini pada jaman dulu tercatat sebagai alun-alun terluas di seluruh Pulau Jawa.

Salah satu komoditi terkenal di Purworejo adalah kambing peranakan ettawa. Kambing ini asalnya dari India, dan dikembangkan di daerah Kecamatan Kaligesing, kambing itu dikawinkan dengan kambing lokal sehingga tercipta kambing PE ras Kaligesing.Bagus intinya kota ini ayo datangi purworejo banyak cerita sejarah didalamnya