Orkid Phalaenopsis berganda

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Orkid Phalaenopsis berganda
CITES Appendix II (CITES)
Pengelasan saintifik e
Domain: Eukaryota
Alam: Plantae
Klad: Trakeofit
Klad: Angiosperma
Klad: Monokot
Order: Asparagales
Keluarga: Orchidaceae
Subkeluarga: Epidendroideae
Tribus: Dendrobieae
Genus: Dendrobium
Spesies:
D. nobile
Nama binomial
Dendrobium nobile
Sinonim
  • Callista nobilis (Lindl.) Kuntze
  • Dendrobium coerulescens Wall. ex Lindl.
  • Dendrobium lindleyanum Griff.
  • Dendrobium wallichianum B.S.Williams
  • Dendrobium nobile var. formosanum Rchb.f.
  • Dendrobium nobile var. nobilius Rchb.f.
  • Dendrobium nobile virginale Rolfe
  • Dendrobium formosanum (Rchb.f.) Masam.
  • Dendrobium nobile f. nobilius (Rchb.f.) M.Hiroe
  • Dendrobium nobile var. alboluteum Huyen & Aver.

Thể loại:Articles with 'species' microformats Kerang berganda atau jeli diraja kaki ayam, jeli diraja paha ayam, jeli diraja kren, jasmine jasmine (nama dalam dua bahasa: Dendrobium nobile) adalah spesies orkid dalam genus Dendrobium nobile. Spesies ini populer sebagai tanaman hias dalam ruangan karena kemampuannya untuk menghasilkan bunga berwarna-warni pada musim dingin dan musim semi, saat sebagian besar bunga lain tidak mekar.[1] Dendrobium nobile juga merupakan salah satu dari 50 herba dasar yang digunakan dalam Pengobatan Tradisional Oriental, dikenal sebagai shí hu dalam bahasa Tionghoa. Dendrobium nobile adalah orkid yang sering digunakan untuk dekorasi rumah. Bunganya datang dalam berbagai warna, mulai dari putih, merah muda, hingga ungu. Ukuran dan warna bunga dapat bervariasi tergantung pada tanaman tertentu.

Dendrobium nobile adalah tumbuhan epifit atau litofit yang berasal dari wilayah selatan China (termasuk Tibet), Himalaya (India, Bangladesh, Assam, Nepal, Bhutan), dan Indochina (Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam).[2] [3][4][5][6][7][8] Diketahui bahwa spesies ini juga tumbuh secara alami di Hawaii.[9] Dendrobium nobile juga adalah bunga kebangsaan Sikkim. Di Vietnam, tumbuhan ini dapat ditemukan di beberapa wilayah, termasuk Ba Vi, Nghe An, Quang Nam, Kon Tum, Lam Dong, dan Dong Nai. Di wilayah Gia Lai, ada varietas Dendrobium nobile yang disebut Dendrobium nobile var. albouteum, yang dikenal dengan bunga berwarna putih-kuning atau bunga jantung kuning.[10]

Dendrobium nobile tumbuh di hutan tanah rendah dan hutan pegunungan, biasanya di atas batu kapur yang berlumut. Ini adalah tumbuhan yang tahan musim dingin dan hanya tumbuh dengan baik di zona ketahanan USDA 11 dan lebih tinggi.[11] Tanaman ini memiliki daun datar yang panjang dan tahan lama dan biasanya berbunga terutama pada musim dingin dan musim semi. Dendrobium nobile menghasilkan rangkaian bunga pendek yang terdiri dari 2 hingga 4 bunga. Bunganya harum, berkilat, dan memiliki variasi warna yang sangat kaya. Mereka berkembang dari nodus pada batang tanaman dan seringkali tumbuh tanpa daun.

Ditampilkan[sunting | sunting sumber]

Orkid jenis mulia atau jenis hibrid

Dendrobium nobile adalah jenis orkid yang membentuk pseudobulb. Ketika siklus hidup tanaman induk selesai, tanaman ini akan menghasilkan tunas anak perempuan (disebut juga sebagai dahan sekunder), yang melanjutkan siklus hidup tanaman. Tunas baru ini kemudian akan melewati siklus yang sama. Bunga Dendrobium nobile tumbuh tegak, dan saat mekar, bunga-bunga terbentuk sepanjang batang bunga. Tumbuhan ini termasuk dalam kelompok monokotil, yang berarti bahwa mereka memiliki hanya satu daun lembaga awal, dan memiliki akar putih yang halus yang melekat pada tanaman atau objek lain, yang menjadikannya tumbuhan epifit atau litofit, bukan tumbuhan parasit.

Komposisi kimia[sunting | sunting sumber]

Pengekstrakan daripada batang Dendrobium nobile menghasilkan 17 phenanthrenes (termasuk 3,4,8-trimethoxyphenanthrene-2,5-diol, 2,8-dihydroxy-3,4,7-trimethoxyphenanthrene, 3-hydroxy-2,4 ,7- trimethoxy-9,10-dihydrophenanthrene, 2,8-dihydroxy-3,4,7-trimethoxy-9,10-dihydrophenanthrene, 2-hydroxy-4,7-dimethoxy-9,10-dihydrophenanthrene, 2,2'-dihydroxy -3,3',4,4',7,7'-hexamethoxy-9,9',10,10'-tetrahydro-1,1'-biphenanthrene dan 2,3,5-trihydroxy-4, 9-dimethoxyphenanthrene ). [12] [13] Terdapat banyak kajian tentang kimia kompleks tumbuhan ini.

Ketoksikan[sunting | sunting sumber]

Dendrobium nobile telah dimasukkan ke dalam kategori makanan baru oleh Kesatuan Eropah, yang berarti ia dianggap tidak selamat untuk digunakan dalam suplemen pemakanan tanpa penilaian keselamatan. Ini menunjukkan bahawa penggunaan Dendrobium nobile dalam makanan atau suplemen pemakanan mungkin memerlukan penilaian keselamatan yang lebih mendalam sebelum boleh digunakan secara meluas. [14]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berger, Markus (2018-05-28). "Ethnobotanik: Dendrobium nobile – Eine berauschende Orchidee". www.grow.de (dalam bahasa Jerman). Dicapai pada 2023-01-27.
  2. ^ Kew World Checklist of Selected Plant Families
  3. ^ Flora of China v 25 p 381, 石斛 shi hu, Dendrobium nobile Lindley, Gen. Sp. Orchid. Pl. 79. 1830.
  4. ^ Wood, H.P. (2006). The Dendrobiums: 1-847. A.R.G. Gantner Verlag K.G., Ruggell.
  5. ^ Lucksom, S.Z. (2007). The orchids of Sikkim and North East Himalaya: 1-984. S.Z.Lucksom, India.
  6. ^ Huda, M.K. (2007). An updated enumeration of the family Orchidaceae from Bangladesh. The Journal of the Orchid Society of India 21: 35-49.
  7. ^ Raskoti, B.B. (2009). The Orchids of Nepal: 1-252. Bhakta Bahadur Raskoti and Rita Ale.
  8. ^ Choudhary, R.K., Srivastava, R.C., Das, A.K. & Lee, J. (2012). Floristic diversity assessment and vegetation analysis of Upper Siang district of eastern Himalaya in North East India. Korean Journal of Plant Taxonomy 42: 222-246.
  9. ^ Ackerman, J.D. (2012). Orchids gone wild. Discovering naturalized orchids in Hawaii. Orchids; the Magazine of the American Orchid Society 81: 88-93.
  10. ^ Danh lục các loài thực vật Việt Nam. Tập III. Nhà xuất bản Nông nghiệp. 2005.
  11. ^ "Care of Nobile Orchid Dendrobium".
  12. ^ Hwang, Ji Sang; Lee, Seon A; Hong, Seong Su; Han, Xiang Hua; Lee, Chul; Kang, Shin Jung; Lee, Dongho; Kim, Youngsoo; Hong, Jin Tae (2010). "Phenanthrenes from Dendrobium nobile and their inhibition of the LPS-induced production of nitric oxide in macrophage RAW 264.7 cells". Jil. 20 no. 12. m/s. 3785–7. doi:10.1016/j.bmcl.2010.04.054. PMID 20483604. Cite magazine requires |magazine= (bantuan)
  13. ^ Yang, H; Sung, S. H; Kim, Y. C (2007). "Antifibrotic phenanthrenes of Dendrobium nobile stems". Jil. 70 no. 12. m/s. 1925–9. doi:10.1021/np070423f. PMID 18052323. Cite magazine requires |magazine= (bantuan)
  14. ^ "phi điệp kép". European Commission. Diarkibkan daripada yang asal pada 2 April 2015. Dicapai pada 30 August 2019.

Pautan luar[sunting | sunting sumber]