Paulo Coelho

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Jump to navigation Jump to search
Paulo Coelho
Paulo Coelho pada tahun 2008
Info kelahiran (1947-08-24) 24 Ogos 1947 (umur 73)
Rio de Janeiro, Brazil
PekerjaanNovelis, penulis dan penulis lirik
Bahasabahasa Portugis
WarganegaraBrazil
GenreDrama, novel Romantik
Pencapaian ketaraO Alquimista
PasanganChristina Oiticica
Laman sesawang
paulocoelhoblog.com

Paulo Coelho de Souza (disebut paling dekat [pau.lu ku.wél.yu ji su.za], lahir 24 Ogos 1947) adalah seorang penulis lirik dan novel dari Brazil yang menerima banyak anugerah antarabangsa. Beliau lebih dikenali melalui novel O Alquimista ("Sang Ahli Alkimia"), karyanya yang paling banyak diterjemahkan.

Beliau sebelum ini hidup bersama isterinya - Christina Oiticica, yang dikahwininya pada 1980 - setengah tahun di Rio de Janeiro dan setengah tahun lagi di sebuah kediaman di Pergunungan Pyrene Perancis. Mereka kini menetap di Geneva, Switzerland.[1] Coelho juga pengasas Paulo Coelho Institute, sebuah institusi yang menolong anak-anak yang tidak begitu beruntung dari royalti atas tulisan-tulisannya.

Awal hidup dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Coelho dilahirkan di Rio de Janeiro, Brazil[2] dalam sebuah keluarga kelas menengah di lingkungan perkotaan; ayahnya Pedro seorang jurubina manakala ibunya Lygia seorang suri rumah tangga. Beliau keturunan seorang penulis Romantisis Braziil terkenal iaitu José de Alencar; nenek José pula, Bárbara de Alencar merupakan tokoh utama dalam Revolusi Pernambuco.[3][4]

Pada usia tujuh tahun, Coelho dimasukkan ke sekolah Jesuit San Ignacio di Rio de Janeiro oleh kedua orang tuanya. Pada saat itu, beliau sebenarnya tidak betah dengan kehidupan sekolah Jesuit yang mewajibkan semua siswanya untuk menjalani ibadah secara ketat. Meskipun beliau kecil tidak terlalu betah belajar di sekolah Jesuit, namun ternyata di sekolah ini pula untuk pertama kalinya bakat menulisnya mulai terlihat. Dia memenangkan sebuah pertandingan menulis puisi di sekolahnya, dan bahkan adiknya, Sonia, berhasil memenangkan lomba esai hanya dengan bermodalkan karya kakaknya yang telah dibuang ke keranjang sampah.[5][6]

Meskipun Coelho sangat berbakat menjadi penulis, ternyata orang tuanya tak pernah berharap agar anaknya kelak menjadi sasterawan. Mereka lebih suka jika kelak anaknya menjadi jurubina atau ahli perundangan. Kedua orang tuanya berusaha sekuat tenaga agar anaknya tak semakin dekat dengan dunia tulis menulis. Namun tampaknya Coelho bukanlah jenis anak yang penurut.

Zaman memberontak[sunting | sunting sumber]

Larangan orang tuanya dan perjumpaannya dengan buku Henry Miller berjudul Tropic of Cancer semakin mengobarkan semangat pemberontakannya. Ayahnya melihat hal ini sebagai sebuah gejala gangguan kejiwaan dan akhirnya memasukkan anaknya ke sebuah rumah sakit jiwa di mana Paulo harus menjalani seberapa terapi yang meresahkan termasuk terapi elektrokonvulsif. Coelho sempat dua kali keluar masuk rumah sakit jiwa sebelum akhirnya dinyatakan sembuh dan dilepaskan berusia 20 tahun.[5][6][7]

Tak lama setelah keluar dari rumah sakit jiwa, Coelho kemudian bergabung dengan sebuah kelompok teater dan bekerja sebagai seorang wartawan. Pekerjaan ini pada ketika itu sanggat dianggap umum masyarakat Brazil sebagai tidak bermoral, maka hal lalu dipandang buruk di mata orang tuanya pada masa itu. Ketakutan mereka terhadap keadaan yang dilihat "menimpa" anaknya mendorong mereka dengan rasa kasihan dan terpaksa memasukkan anaknya ke rumah sakit jiwa lagi untuk kali ketiganya. Setelah keluar dari rumah sakit, Coelho menjadi semakin asing dengan lingkungan sekitarnya dan asyik dengan dunianya sendiri. Dalam keputusasaan, orang tuanya memanggil seorang doktor untuk memeriksa keadaan anaknya; doktor ini menyatakan Coelho sebenarnya tidaklah gila dan tidak seharusnya dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa.

Setelah “sembuh” dari gangguan kejiwaannya, Coelho kembali melanjutkan studinya di sekolah hukum, dan tampaknya dia akan mengikuti rencana orang tuanya. Namun, tak lama kemudian Coelho malah drop out dan kembali menekuni dunia teater. Saat itu sekitar tahun enam puluhan, gerakan hippie sedang merebak di seluruh dunia, termasuk di Brazil meskipun pada saat itu dikuasai oleh suatu rejim tentera yang represif. Coelho termasuk salah satu anak muda Brazil yang tertarik dengan gerakan ini dan benar-benar menjalani kehidupan sebegitu termasuk memanjangkan rambut, tidak pernah membawa kartu identitas bila berpergian, dan menggunakan ubat-ubatan terlarang.[8][9]

Pada saat itu, Coelho juga berkolaborasi dengan seorang musisi Brazil, Raul Seixas berhasil menciptakan lagu-lagu hits yang populer di Brazil. Lirik dikarang Coelho ini juga mula mendapat perhatian rejim tentera Brazil kerana unsur-unsur yang dianggap subversif kepada fahaman rejim.[10] Pada tahun 1973, Coelho dan Seixas mendirikan sebuah kelompok alternatif yang bertujuan untuk menentang kapitalisme. Mereka membuat siri komik Kring-ha sebagai protes atas terbelenggunya kebebasan warga negara Brazil. Pengkaryaan ini mendatangkan kemarahan pihak rejim ini yang memenjarakan Coelho dan Seixas ke dalam penjara. Coelho telah mengalami berbagai penyiksaan selama mendekam di dalam penjara[10] sehingga begitu membekas sangat dalam di dalam dirinya setelah lama dibebaskan.

Pada usia 26 tahun, Coelho menghentikan segala kegiatan “subversif”-nya dan memutuskan untuk menjalani kehidupan yang lebih “normal”. Dia bekerja di Polygram, sebuah perusahaan rakaman, dan bertemu perempuan yang nantinya menjadi isterinya di sana. Pada tahun 1977, Coelho dan isterinya berpindah ke London. Setelah lama terpendam, hasrat menulis Coelho bangkit kembali. Dia lalu membeli sebuah mesin tik dan mencoba menulis lagi. Usahanya tidak terlalu berhasil. Setahun kemudian, Coelho kembali ke Brazil dan bekerja sebagai salah seorang eksekutif di CBS, perusahaan rekaman terkemuka di Brazil. Pekerjaan ini hanya ditekuninya selama tiga bulan karena dia mengundurkan diri selepas bercerai dengan isterinya.

Kerjaya penulisan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1979, Coelho bertemu dengan Christina Oiticica, teman lamanya. Tak lama kemudian mereka akhirnya memutuskan untuk menikah. Pernikahannya kali ini termasuk langgeng karena mereka berdua masih tetap bersama hingga hari ini. Setelah peristiwa buruk pada masa lalunya, Coelho seakan enggan mewujudkan impiannya untuk menjadi penulis. Oitiicica sentiasa mengingatkan Coelho tentang impiannya untuk menjadi penulis. Tanpa kenal lelah, dia terus mendesak Coelho agar menulis lagi. Akhirnya, setelah melalui pergulatan batin yang panjang, Coelho menulis buku pertamanya yang berjudul Arquivos do Inferno pada 1982, namun buku ini kurang mendapat sambutan meggalakkan.[11] Coelhho dan dilanjutkan dengan buku O Manual Prático do Vampirismo.

Pada tanggal 25 Julai 2002, Coelho diterima sebagai anggota ke-21 dalam Academia Brasileira de Letras, badan persuratan dan bahasa terunggul negara Brazil. Peristiwa ini merupakan suatu momen yang penting bagi Paulo Coelho, karena selama ini, meskipun karyanya banyak dibaca orang, banyak kritikus yang mengkritik karya Coelho sebagai novel populer yang kurang memiliki muatan sastera. Diterimanya Coelho sebagai salah satu anggota ABL tentunya meneguhkan posisi Coelho sebagai seorang sastrawan. Meskipun banyak dikritik, karya-karya Paulo Coelho nyatanya telah memberikan inspirasi bagi banyak bangsa di dunia.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Tajuk asal dalam bahasa Portugis Terjemahan tajuk dalam bahasa Melayu[12] Tajuk Inggeris (jika ada)
1974 Teatro da Educação Teater Pendidikan
1982 Arquivos do Inferno Arkib Neraka Hell Archives
1987 O Diário de um Mago Diari seorang Penyihir The Pilgrimage
1988 O Alquimista Sang Ahli Alkimia The Alchemist
1990 Brida Brida Brida
1991 O Dom Supremo Hadiah Paling Agung The Supreme Gift
1992 As Valkírias Valkyrie The Valkyries
1994 Maktub Maktub Maktub
Na margem do rio Piedra eu sentei e chorei Di tepi Sungai Piedraml aku terduduk meratap By the River Piedra I Sat Down and Wept
1996 O Monte Cinco Gunung Kelima The Fifth Mountain
1997 Cartas de amor de um profeta Surat-Surat Cinta Seorang Pengutus Love Letters from a Prophet
Manual do guerreiro da luz Manual Wira Cahaya Manual of the Warrior of Light
1998 Veronika decide morrer Veronika Memutuskan untuk Mati Veronika Decides to Die
Palavras essenciais Kata-Kata Penting Essential Words
2000 O Demônio e a Srta. Prym Sang Iblis dan Cik Prum The Devil and Miss Prym
2001 Historias para pais, filhos e netos Sejarah Bapa, Anak dan Cucu Fathers, Sons and Grandsons
2003 Onze Minutos Sebelas Minit Eleven Minutes
2004 O Gênio e as Rosas Sang Jin dan Mawar The Genie and the Roses
Viagens Perjalanan Journeys
Vida Hidup Life
2005 O Zahir Yang Terzahir The Zahir
Caminhos Recolhidos Jalan-jalan yang dihidupkan semula Revived Paths
2006 Ser Como o Rio que Flui Bagaikan Sungai Yang Mengalir Like the Flowing River
A Bruxa de Portobello Perempuan Sihir Portobello The Witch Of Portobello
2008 O vencedor está só Pemenang Berdiri Sendirian The Winner Stands Alone
2009 Amor Cinta Love
2010 Aleph Aleph Aleph
2011 Fábulas Fábulas Fábulas
2012 Manuscrito Encontrado em Accra Manuskrip Yang Terjumpa di Accra Manuscript Found in Accra
2014 Adultério Bermukah Adultery
2016 A Espiã Pengintip The Spy
2018 Hippie Hippie Hippie

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Interview with Paulo Coelho". Cultura Brasileira. Diarkib daripada yang asal pada Jun 12, 2016. Parameter |deadurl= yang tidak diketahui diendahkan (bantuan)
  2. ^ Thind, Jessi An Interview with Paulo Coelho MSN Arabia
  3. ^ de Mendonça, Rani (6 March 2018). "Conheça Bárbara de Alencar, uma das lideranças da Revolução Pernambucana de 1817". Brasil de Fato (dalam bahasa Portugis). Dicapai pada 7 August 2020.
  4. ^ Morais, Fernando (6 April 2015). O Mago: A incrível história de Paulo Coelho. Editora Novo Conceito.
  5. ^ a b Schaertl, Markia The Boy from Ipanema: Interview with Paulo Coelho reposted on Paulo Coelho's Blog. December 20, 2007.
  6. ^ a b Doland, Angela Brazilian author Coelho thrives on contradictions and extremes Oakland Tribune republished on BNet. May 20, 2007.
  7. ^ Biography Official Site of Paulo Coelho
  8. ^ An interview with Brazilian writer, Paulo Coelho: Everybody is a Magus Diarkibkan 9 Februari 2014 di Wayback Machine Life Positive. July 2000.
  9. ^ Life and Letters: The Magus The New Yorker. 7 May 2007.
  10. ^ a b Day, Elizabeth A mystery even to himself The Daily Telegraph. June 14, 2005.
  11. ^ Biography Diarkibkan 15 Oktober 2009 di Wayback Machine Official Site of Paulo Coelho.
  12. ^ Tidak semestinya tepat dengan tajuk terjemahan rasmi - nama tajuk rasmi akan dipautkan jika ada.

Pautan luar[sunting | sunting sumber]