Pembeliangan, Sebuku, Nunukan

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Jump to navigation Jump to search
Pembeliangan
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Timur
KabupatenNunukan
KecamatanSebuku
Luas....
Jumlah penduduk11.422 orang (2010)
Kepadatan... jiwa/km²

Pembeliangan merupakan sebuah desa di kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Kalimantan utara, Indonesia.

Kecamatan Sebuku terletak di bagian utara Kabupaten Nunukan, dan terdiri dari 10 desa dengan jumlah penduduk 11,422 orang, dan memiliki pusat pemerintahan di Desa Pembeliangan. Kecamatan Sebuku dapat dicapai dari Kabupaten Nunukan melalui perjalanan sungai selama 2-3jam. Kecamatan ini merupakan daerah perantaraan bagi perjalanan darat selanjutnya menuju wilayah Lumbis dan Sembakung.

Segenap kemudahan pelayanan asas di bidang pemerintahan dan kesihatan terus ditingkatkan dalam upaya membangun kecamatan ini menjadi wilayah yang maju dengan mengoptimalkan sejumlah potensi kekayaan alam di bidang kehutanan, pertanian, dan pertambangan. Baik lombong (emas, batu bara, minyak & gas) dan perladangan terutama kelapa sawit dan berbagai jenis kayu termasuk potensi hutan tanaman industri kayu akasia pada masa hadapan.

Kecamatan ini masih kuat akan adat istiadat dan budaya. Untuk itu perlu semua pihak harus menghargai untuk saling mengenal budaya dikecamatan tersebut.

Penduduk asli terdiri dari suku TIDUNG dan TENGGALAN. Kecamatan ini sudah mulai berkembang karena hasil alam yang terdapat dikecamatan ini salah satu sumber alam yang baru saja merintis ada projec gold of seruyung atau dikenal sebagai perusahaan lombong emas.

Pautan luar[sunting | sunting sumber]