Bebek menyan Pati

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Bebek menyan Pati
sunting · sunting di Wikidata
Lihat pendokumenan templat ini
Lihat pendokumenan templat ini

Bebek Menyan Pati merupakan masakan khas Kabupaten Pati. Selain terkenal dalam dunia perdukunan, Kabupaten Pati juga memiliki kuliner yang tidak kalah enaknya dengan kota lain. Kulinernya pun tidak jauh dari kesan dunia klenik, dikarenakan bumbu bahan memasak berasal dari bubuk Kemenyan, dihidangkan bersama sayur daun Kelor, dan dilengkapi sambal bunga Melati.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya, Bebek Menyan Pati merupakan hidangan untuk upacara keagamaan dan upacara adat di Pati, Seperti Selamatan, dll. Kuliner ini secara tradisional pada dasarnya merupakan bebek presto goreng yang dilabur dengan bumbu khas Pati yang memiliki kesan seram karena bercita rasa klenik dengan adanya Kemenyan, bunga Melati, daun Kelor.

Manfaat[sunting | sunting sumber]

Kandungan utama dalam kemenyan yang paling banyak digunakan adalah asam sinamat. dalam industri makanan, asam sinamat bisa digunakan sebagai bahan tambahan pangan atau sebagai bahan baku untuk membentuk bahan tambahan pangan lainnya, seperti aspartam, pewarna makanan, dan pengawet asam benzoat. Terdapat sedikit campuran bubuk Kemenyan pada Bebek Menyan Pati bermanfaat[1] untuk meredakan Stres, mencegah bakteri dan kuman, menjaga kesehatan mulut, meredakan batuk dan pilek, serta merawat wajah.

Bumbu[sunting | sunting sumber]

Bumbu bahan membuat Bebek Menyan Pati adalah merica, ketumbar, sereh, lengkuas, kunyit, kemiri, jeruk nipis, daun jeruk pamelo, daun jeruk purut, garam, gula Jawa, asam Jawa, cabai Jawa, cengkeh, kapulaga, jahe, bawang putih, bawang merah, dan setengah sendok teh bumbu menyan (terdiri dari serbuk pohon kemenyan)

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Proses pembuatan Bebek Menyan Pati, adalah:

  • Pisahkan daging bebek dengan jeroan serta tunggir, agar bau amis pada bebek dapat menghilang, Lumuri daging bebek dengan air jeruk nipis
  • Selanjutnya diamkan sebentar kurang lebih selama 30 menit, lalu cuci kembali hingga benar-benar bersih.
  • Bebek atau itik di presto supaya daging dan tulangnya lunak selama 20 menit
  • Setelah selesai di presto, bebek   diungkep dengan semua bumbu yang ada. Dengan diungkep membuat bumbu meresap kedalam daging bebek
  • Habis diungkep, bebek siap digoreng dengan mentega dan minyak goreng panas 
  • Bebek Menyan Pati ini dihidangkan dengan daun kelor rebus dan sambal khas Pati. 

Sambal khas Pati yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, terasi, garam, mahkota bunga melati yang telah dicuci dengan air panas. Manfaat bunga melati pada sambal ini adalah meningkatkan kesehatan Pencernaan, mengontrol Kolesterol dalam tubuh[2] untuk kesehatan Jantung, dan meningkatkan fungsi Otak[3].

Minuman yang cocok saat makan Bebek Menyan Pati adalah Es Sirup Rosela dan Wedang teh Rosela [4]karena kandungan dalam Bunga Rosela mampu menghambat penyerapan asam lemak jenuh serta menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, bunga rosella juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Referensi[sunting | sunting sumber]