Dewa Asmara

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Kepompong
FormatDrama Romantis
PenciptaIndika Entertainment
Ditulis olehSyafa R.
Najib Kertapati
PengarahDoddy Djanas
Dibintangi oleh
Gita Sinaga
Ryan Syehan
Samuel Zylgwyn
Ingka Noverita
Omaswati
Nani Widjaja
Ira Wibowo
Adi Bing Slamet
Boy Tirayoh
Paramitha Rusady
Nadilla Ernesta
Meriam Bellina
Mike Muliadro
Lagu temaApa Artinya Cinta, Melly Goeslaw duet dengan Ari Lasso
Lagu pembukaanApa Artinya Cinta, Melly Goeslaw duet dengan Ari Lasso
Lagu penutupApa Artinya Cinta, Melly Goeslaw duet dengan Ari Lasso
PenggubahOya' Rezhico
Negara asalIndonesia Indonesia
BahasaBahasa Indonesia
Bilangan episod162 episode
Penerbitan
Penerbit eksekutifKristuadji L
PenerbitShankar RS
PenyuntingBudi Wahono
LokasiJakarta
Pemasangan kamera
Mario Lanza
Tempoh siaran60 menit (18.00-19.00 WIB)
Syarikat penerbitan
Indika Entertainment
Syarikat pengedaran
Trans Media
Penyiaran
Saluran asal25px|Indonesia Trans TV
Format gambar16:9
Format audioStereo
Dolby Digital 5.1
Julung kali ditayangkan di
11 Disember 2006 (2006-12-11)
Siaran asalIsnin, 11 Disember 2006 - Ahad, 13 Mac 2007
Statustamat

Dewa Asmara sebuah judul drama lipur lara yang ditayangkan setiap Isnin hingga Jumaat pukul 21:00 WIB oleh stesen televisiyen swasta Indonesia, Trans TV. Drama Lipur Lara Dewa Asmara pertama kali ditayangkan pada hari Isnin, 11 Disember 2006 dan berakhir tamat pada hari Ahad, 13 Ogos 2006. Drama Lipur Lara ini diproduksi oleh Indika Entertainment yang dikepalai oleh Shankar RS. Drama Lipur Lara ini bercerita mengenai ini mengenai kisah Kasih yang yang sejak bayi sudah kehilangan kedua orang tuanya. Ayahnya meninggal dunia ketika dia masih bayi, sementara ibunya kawin lagi dan meninggalkan Kasih dengan neneknya. Drama Lipur Lara ini digarap secara apik oleh pengarah Doddy Djanas dan penulis skrip handal Syafa R. dan Najib Ketapati. Dewa Asmara pernah ditayangkan di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei di Trans TV di Indonesia, TV9 (Malaysia), MediaCorp Channel 5 (Singapura) serta Brunai International (Brunei).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Drama lipur lara Dewa Asmara ini menceritakan kisah Aisyah sorang puteri dari sebuah keluarga kaya. Aisyah jatuh cinta pada Irwan yang berasal dari keluarga miskin. Tapi hubungan mereka tidak direstui kedua belah pihak. Suatu hari, Aisyah mengetahui dirinya hamil. Irwan bersedia bertanggung jawab. Irwan dan Aisyah menikah. Aisyah melahirkan seorang bayi yang diberinya nama Kasih. Mereka hidup pas-pasan. Fajar memutuskan berhenti kuliah dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun malang menimpa Irwan, sebuah kecelakaan merenggut nyawanya. Suatu hari orang tua Aisyah menemukan Aisyah. Mereka membawa Aisyah dan menikahkannya dengan Dokter Frans. Aisyah tak membawa Kasih bersamanya (Kasih ditinggal bersama Eyang Lastri (Ibu Irwan)). Lastri marah mengetahui pernikahan dan kepergian Kasih. Lastri berfikir, Aisyah sudah mengkhianati Irwan, bahkan tega meninggalkan bayinya.

Kasih (Gita Sinaga) sudah dewasa. Dia tumbuh menjadi seorang gadis yang lugu (Agak sedikit Lemot), baik dan sangat menyayangi Eyang Lastri (Nani Widjaya), Eyang Lastri sangat protektif terhadap Kasih karena dia tidak ingin masa depan Kasih rusak seperti masa depan Ayahnya, Irwan. Ternyata Eyang Lastri kecolongan, Kasih Hamil. Eyang Lastri lalu meminta pertanggung jawaban Vino (Samuel Zylgwyn), teman dekat Kasih. Awalnya Vino ragu, karena dia masih kuliah.. tapi akhirnya Vino memutuskan untuk menikahi Kasih, walaupun Keluarga Vino menentang. Setelah menikah Kasih pindah ke rumah Vino. Kasih yang Lugu memulai kehidupan barunya dengan Pak Arman, Ibu Nadine (Omaswati) dan dua kakak Vino, Jemmy dan Rommy. Kebahagiaan tidak berlangsung lama untuk Kasih.. Beberapa hari setelah pernikahannya, Vino mengalami kecelakaan dan meninggal dunia.. Bu Nadine dan Pak Arman menyalahkan Kasih atas kematian Vino.. Kasih pun diusir dari rumah Pak Arman.. Kasih memohon pada Pak Arman untuk menerima dia tinggal dirumah itu, paling tidak sampai anaknya lahir.. Andi (Ryan Maladi) Dan Bu Nadine Menolong Bantu Ke Rumah.

Kehidupan awal Kasih dirumah itu tidak mudah, karena Bu Nadine bersikap memusuhi Kasih, Tapi Kasih tetap menghadapi dia dengan sabar dan sayang.. Kasih menganggap Bu Nadine sebagai pengganti Ibunya yang sudah meninggal.. sifat dan sikap Kasih, akhirnya membuat Bu Nadine luluh juga. Kasih yang merasa tidak enak karena sudah menumpang dirumah mertuanya.. ingin membiayai hidup anaknya, memilih bekerja sebagai Sales.. karna pekerjaannya ini, Kasih bertemu dengan Marik (Taufan Wahyudi). Lalu Kasih bekerja disebuah salon yang ternyata adalah milik ibu Marik, Bu Puri (Paramitha Rusady). Di salon ini, Kasih bertemu dengan Amara dan Hani, Amara yang juga menyukai Marik kesal, dan berusaha memisahkan Kasih dan Marik.. Sementara itu Bu Aisyah yang menderita penyakit Ginjal diharuskan melakukan Transplantasi Ginjal.. Tapi tidak ada satupun donor yang cocok.

Dokter Frans yang tidak mau kehilangan Bu Aisyah, akhirnya mencari Kasih dengan tujuan meminta Kasih mendonorkan ginjalnya untuk Bu Aisyah.. Eyang Lastri sangat marah saat tau hal ini, Kasih akhirnya tahu, kalau Bu Aisyah adalah ibunya, dan sebenarnya ibunya belum meninggal.. Kasih Shock.. Tapi karena kebaikan hatinya, dia bersedia mendonorkan ginjalnya. Tapi keinginannya ini, ditentang oleh Eyang Lastri, Marik dan Bu Aisyah sendiri.. Bagaimanakah kelanjutan kisah ini, apakah Kasih berhasil menyelamatkan Bu Aisyah? Apakah hubungan Marik dan Kasih berlangsung dengan mulus? Dan apakah Intan dapat meraih cita citanya sebagai seorang penata Rambut?

Pelakon[sunting | sunting sumber]

Pemain[sunting | sunting sumber]

Pelakon Lakonan Hubungan
Gita Sinaga Kasih Istri Marik. Anak Bu Aisyah. Mama Andi. Sepupu Rena.
Ryan Syehan Marik Suami Kasih. Anak Bu Puri. Abah tiri Andi
Samuel Zylgwyn Vino Abah Rangga. Mantan suami Kasih. Meninggal karena kecelakaan
Ingka Noverita Amara Anak Dr. Frans
Omaswati Bu Nadine Ibunda Jemmy, Gery, Romi & Vino
Boy Tirayoh Pak Arman Abah Jemmy, Gery, Romi & Vino
Ira Wibowo Bu Aisyah Mama Kasih. Isteri Dr. Frans.
Adi Bing Slamet Dr. Frans Abah Amara
Hj. Nani Wijaya Eyang Lastri Nenek Kasih
Paramitha Rusady Puri Mama Marik
Mike Muliadro Romi Abang Kedua Vino
Nadilla Ernesta Rena Sepupu Kasih
Hardi Fadhillah Gery Kakak Vino
Puput Akmal Sinta Istri Gery
Olga Syahputra Jemmy Abang Pertama Vino
Meriam Bellina Nia Mak Cik Kasih. Mama Rena
Ryan Maladi Andi Anak Kasih & Vino

Maklumat[sunting | sunting sumber]

Pautan luar[sunting | sunting sumber]