Bamot-Baal

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Bamot-Baal (Bukit Baal; Bamoth-Baal) adalah suatu puncak bukit di tanah Moab yang disebutkan dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristian (Bilangan 22:41).

Etimologi[sunting | sunting sumber]

"Bamot" atau "bamoth" merupakan bentuk jamak dari Ibrani במה, yang berarti "tempat yang tinggi".

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Ke tempat inilah Balak bin Zipor, raja Moab, pertama kali membawa Bileam bin Beor untuk mengutuki orang Israel, seperti dicatat pada Bilangan 22:39-41, di mana "Bamot-Baal" disebut sebagai "Bukit Baal" dalam Terjemahan Baru:

Lalu pergilah Bileam bersama-sama dengan Balak dan sampailah mereka ke Kiryat-Huzot. Balak mengorbankan beberapa ekor lembu sapi dan kambing domba dan mengirimkan sebagian kepada Bileam dan kepada pemuka-pemuka yang bersama-sama dengan dia. Keesokan harinya Balak mengambil Bileam dan membawa dia mendaki bukit Baal. Dari situ dilihatnyalah bagian yang paling ujung dari bangsa Israel.[1]

Di kemudian hari menjadi tanah pusaka suku Ruben, dan termasuk ke dalam daftar kota-kota dekat Hesybon (Yosua 13:17).[2]

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Kemungkinan sama dengan Bamot yang terletak di antara Nahaliel dan "lembah yang di daerah Moab, dekat puncak gunung Pisga yang menghadap Padang Belantara", yang disebutkan dalam daftar tempat persinggahan orang Israel pada Bilangan 21:19-20.

"Bet-Bamot" (Bethbamot) yang tertera pada Prasasti Mesa, baris 27 (mungkin ini juga bacaan Yesaya 16:2), juga dianggap berhubungan dengan tempat ini. Menurut penjatahan tanah dalam Yosua 13:17, ada yang menganggap tempat itu terletak di gunung Attarus. G. A. Smith[3] lebih cenderung setuju dengan pendapat Conder[4] bahwa tempat itu terletak di salah satu dari banyak Dolmen di atas Wadi Dchîded, sebelah timur laut dari Laut Mati. Pernyataan Eusebius, yang menempatkannya pada Arnon, kemungkinan tidak akurat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bilangan 22:39-41
  2. ^ David Noel Freedman; Allen C. Myers (31 December 2000). Eerdmans Dictionary of the Bible. Amsterdam University Press. m/s. 146. ISBN 978-90-5356-503-2.
  3. ^ G. A. Smith. "Historical Geography of Palestine," p. 562).
  4. ^ "Het dan Moab," hlm 189 et seq.