PS Hizbul Wathan

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Jump to navigation Jump to search
PS Hizbul Wathan
PS Hizbul Wathan logo.png
Nama penuhPersigo Semeru Hizbul Wathan
GelaranLaskar Matahari
Kura-Kura Matahari[1] [2]
Nama pendekPSHW
Diasaskan1953
StadiumStadion Gelora Delta, Sidoarjo
(Muatan: 25.000)
PemilikPW Muhammadiyah Jawa Timur
ManagerAchmad Nurmandi
JurulatihYusuf Ekodono
LigaLiga 2
tuan rumah
tempat lawan
ketiga

PS Hizbul Wathan atau Persatuan Sepakbola Hizbul Wathan Sidoarjo adalah pasukan bola sepak Indonesia profesional yang berpusat di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka bersaing di peringkat kedua liga Indonesia, Liga 2.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Semeru FC adalah penggabungan pasukan serantau Lumajang yang lain. Pada tahun 2017, harapan untuk mempromosikan bola sepak wilayah dan membangun kebanggaan masyarakat. Bupati ASAT Malik bertemu dengan kelab bola sepak tempatan termasuk Persigo Gorontalo, yang berpusat di Gorontalo untuk membincangkan penggabungan. Pemilik Persigo Gorontalo, Ngateman, dan ASAT Malik memuktamadkan perjanjian penggabungan dan menamakan semula Persigo Gorontalo menjadi Semeru FC.

Dalam membentuk Semeru FC, pemain bola sepak tempatan Lumajang berharap dapat meningkatkan taraf permainan mereka dan memasuki bola sepak kebangsaan. Pada 2017 pasukan ini berada di peringkat Liga Nusantara.

Pada 25 Februari 2020, Pemimpin Wilayah Jawa Timur Muhammadiyah mengesahkan bahawa ia telah memperoleh Semeru FC, salah satu kelab bola sepak Liga 2 yang mengambil bahagian. Mereka memperoleh Semeru FC yang musim ini bertanding dalam Liga 2. Selain itu, mereka akan bertanding dengan nama PS Hizbul Wathan dan beribu pejabat di Gelora Delta Stadium. Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur M. Saad Ibrahim mengatakan, pemerolehan itu dilakukan kerana Muhammadiyah ingin berdakwah melalui bola sepak. Walaupun menjadi wilayah baru, organisasi yang diasaskan oleh KH Ahmad Dahlan ingin menanamkan nilai-nilai Islam, kebangsaan dan kemanusiaan melalui bola sepak. Kader-kadernya seperti Soeratin dulu menjadi pelopor kelahiran PSSI. Sejarah cuba dirajut lagi. Salah satu langkah yang diambil oleh Ketua Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Sehingga 9 March 2020[3]
No. Posisi Pemain
1 Indonesia GK Guntur Egi Saputro
2 Indonesia DF Dikki Fernando
3 Indonesia DF Faza Abdil Asad
4 Indonesia DF Maulana
6 Indonesia MF Wahyu Prayogo
7 Indonesia MF Juan Revi (captain)
8 Indonesia MF Ricky Wahyudi
10 Indonesia MF Afif Sena
11 Indonesia FW Kholis Sabilal
12 Indonesia FW Febri Yulianto
13 Indonesia MF Bagus Himawan
15 Indonesia DF Septian Nugroho
16 Indonesia MF Fadel Mohamad
No. Posisi Pemain
17 Indonesia DF Zaka Mabruri
18 Indonesia MF Aris Dwi Santoso
19 Indonesia MF Bayu Arfian
20 Indonesia GK Ferdiansyah
23 Indonesia DF Sigit Meiko
66 Indonesia MF Novaldo Wijaya
77 Indonesia GK Sugandi Wiralagatama
97 Indonesia FW Ahmad
Indonesia MF Mufutau Ogunsula
Indonesia DF Taufiq Kasrun
Indonesia DF Hery Setiawan
Indonesia FW Rizky Sena (on loan from Persela Lamongan)
Indonesia FW Vengko Armedya (on loan from Persebaya Surabaya)

Naturalized players[sunting | sunting sumber]

Country Player
Nigeria Nigeria Mufutau Ogunsula

Maskot[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan misi PS Hizbul Wathan[4] maka perlu Maskot dari binatang yang memiliki sifat yang mencerminkan cara hidup Muslim, seperti Bekal hidup manusia dari Kura-Kura bagi para Muslim[5] dalam menjalani kehidupan di dunia. Sifat-sifat Kura-kura yang bisa menjadi filosofi klub yaitu: Berjalan Maju Pantang Menyerah, Tidak Mengeluh dan Jangan Merasa Lelah, Belajar dari proses, Adaptasi, bsa hidup di mana saja, Teguh pendirian, Hidup harus optimis[6], Fokus pada tujuan, Bersembunyi bukan berlari dari bahaya, Sabar karena sadar akan tujuannya. Filosofi kehidupan dari Kura-Kura inilah yang bisa menjadikan pribadi ataupun kelompok yang unggul.

Selama ini Hizbul Wathan belum memiliki maskot, karena belum menemukan binatang dapat yang mewakili karakter tim berjuluk "laskar matahari" ini. Namun ada binatang yang mirip dengan kepribadian Hizbul Wathan FC yaitu Kura-Kura Matahari yang memiliki keunikan tersendiri terutama cangkang kura-kuranya yang berbentuk menyerupai matahari. kura-kura memiliki makna ketenangan, berhati-hati, dan keras, meskipun terlihat lemah namun susah diserang. "Kura-Kura Matahari" pun bisa dijadikan julukan kedua Hizbul Wathan FC selain julukan "Laskar Matahari". Hizbul Wathan FC merupakan tim baru di Liga 2 Indonesia, yang meskipun dipandang sebagai tim baru yang lemah, namun Hizbul Wathan FC tetap bertahan di Liga 2 (Indonesia).

Rujukan[sunting | sunting sumber]