PS Hizbul Wathan

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
PS Hizbul Wathan
PS Hizbul Wathan logo.png
Nama penuhPersigo Semeru Hizbul Wathan
GelaranLaskar Matahari
Kura-Kura Matahari[1]
Nama pendekHW, HIZ, HIWA
Diasaskan1953
StadiumStadion Gelora Delta, Sidoarjo
(Kapasiti: 25.000)
PemilikPW Muhammadiyah Jawa Timur
ManagerAchmad Nurmandi
JurulatihYusuf Ekodono
LigaLiga 3
Warna tuan rumah
Warna tempat lawan
Warna ketiga

PS Hizbul Wathan atau Persatuan Sepakbola Hizbul Wathan Sidoarjo adalah pasukan bola sepak Indonesia profesional yang berpusat di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Kelab Hizbul Wathan FC berjuluk Kura-Kura Matahari[2] ini merupakan kelab milik Muhammadiyah Indonesia. Mereka bersaing di Liga 3.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Semeru FC adalah penggabungan pasukan serantau Lumajang yang lain. Pada tahun 2017, harapan untuk mempromosikan bola sepak wilayah dan membangun kebanggaan masyarakat. Bupati ASAT Malik bertemu dengan kelab bola sepak tempatan termasuk Persigo Gorontalo, yang berpusat di Gorontalo untuk membincangkan penggabungan. Pemilik Persigo Gorontalo, Ngateman, dan ASAT Malik memuktamadkan perjanjian penggabungan dan menamakan semula Persigo Gorontalo menjadi Semeru FC.

Dalam membentuk Semeru FC, pemain bola sepak tempatan Lumajang berharap dapat meningkatkan taraf permainan mereka dan memasuki bola sepak kebangsaan. Pada 2017 pasukan ini berada di peringkat Liga Nusantara.

Pada 25 Februari 2020, Pemimpin Wilayah Jawa Timur Muhammadiyah mengesahkan bahawa ia telah memperoleh Semeru FC, salah satu kelab bola sepak Liga 2 yang mengambil bahagian. Mereka memperoleh Semeru FC yang musim ini bertanding dalam Liga 2. Selain itu, mereka akan bertanding dengan nama PS Hizbul Wathan dan beribu pejabat di Gelora Delta Stadium. Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur M. Saad Ibrahim mengatakan, pemerolehan itu dilakukan kerana Muhammadiyah ingin berdakwah melalui bola sepak. Walaupun menjadi wilayah baru, organisasi yang diasaskan oleh KH Ahmad Dahlan ingin menanamkan nilai-nilai Islam, kebangsaan dan kemanusiaan melalui bola sepak. Kader-kadernya seperti Soeratin dulu menjadi pelopor kelahiran PSSI. Sejarah cuba dirajut lagi. Salah satu langkah yang diambil oleh Ketua Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Sehingga 9 Mac 2021[3]

Nota: Bendera menunjukkan pasukan kebangsaan seperti yang ditakrifkan di bawah peraturan kelayakan FIFA. Pemain boleh memegang lebih daripada satu kewarganegaraan bukan FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
5 DF Indonesia Taufiq Kasrun (captain)
9 FW Indonesia Wimba Sutan Fanosa
10 MF Indonesia Afif Sena
13 MF Indonesia Bagus Himawan
16 MF Indonesia Fadel Mohamad
17 DF Indonesia Zaka Mabruri
18 MF Indonesia Aris Dwi Santoso
19 MF Indonesia Bayu Arfian
20 GK Indonesia Ferdiansyah
No. Pos. Negara Pemain
23 DF Indonesia Sigit Meiko
66 MF Indonesia Novaldo Wijaya
70 MF Indonesia Muhammad Ghozy
72 MF Indonesia Zulfikar Akhmad (pinjaman dari Persebaya Surabaya)
77 GK Indonesia Sugandi Wiralagatama
DF Indonesia Rio Valentino
MF Indonesia Hilmy Razan Priyadi
FW Indonesia Venko Armedya (pinjaman dari Persebaya Surabaya)
MF Indonesia Muhammad Kemaluddin (pinjaman dari Persebaya Surabaya)

Maskot[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan misi PS Hizbul Wathan[4] maka PS Hizbul Wathan memiliki haiwan maskot yang terdapat sifat mencerminkan cara hidup Muslim, seperti Bekal hidup manusia dari Kura-Kura bagi para Muslim[5] dalam menjalani kehidupan di dunia. Sifat-sifat Kura-kura yang bisa menjadi filosofi klub yaitu: Berjalan Maju Pantang Menyerah, Tidak Mengeluh dan Jangan Merasa Lelah, Belajar dari proses, Adaptasi, bisa hidup di mana saja, Teguh pendirian, Hidup harus optimis[6], Fokus pada tujuan, Bersembunyi bukan berlari dari bahaya, Sabar karena sadar akan tujuannya. Filosofi kehidupan dari Kura-Kura inilah yang bisa menjadikan pribadi ataupun kelompok yang unggul.

Haiwan yang mirip dengan kepribadian Hizbul Wathan FC yaitu "Kura-Kura Matahari" yang memiliki keunikan tersendiri terutama cangkang kura-kuranya yang berbentuk menyerupai matahari. kura-kura memiliki makna ketenangan, berhati-hati, dan keras, meskipun terlihat lemah namun susah diserang.

Hizbul Wathan FC merupakan tim baru di Liga 2 Indonesia, yang meskipun dipandang sebagai tim baru yang lemah, namun Hizbul Wathan FC tetap bertahan di Liga 2 (Indonesia).

Rujukan[sunting | sunting sumber]