Palasari Girang

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Palasari Girang
Desa
Peta Indonesia.
Peta Indonesia.
Bendera Palasari Girang
Mohor rasmi Palasari Girang
Cogan kata: "Bhinneka Tunggal Ika"  (Bahasa Jawa Kuno)
"Bersatu dalam kepelbagaian"

Ideologi: Pancasila
Lagu: Indonesia Raya
Fail:Indonesiaraya.ogg
CountryIndonesia Indonesia
Wilayah/Provinsi
Jawa Barat
Jawa Barat
Jawa Barat Jawa Barat
Kabupaten Sukabumi
Kecamatan (Daerah)Kalapa Nunggal
DesaPalasari Girang
Pentadbiran
 • JenisRepublik
 • PresidenJoko Widodo
 • Naib PresidenMa'ruf Amin
Penduduk
 ()
 • Celik huruf
( lelaki perempuan)
 • Pecahan menurut jantina
% lelaki dan  % perempuan
Zon waktuGMT
 • Musim panas (DST)GMT
Poskod
43354

Palasari Girang merupakan sebuah desa yang terletak dalam (daerah) kecamatan Kalapa Nunggal, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Nama Desa Palasarigirang diambil dari Pohon Pala dan  Sungai Cipalasari yang artinya Pohon Pala Yang Berlokasi di Sungai Cipalasari, maka di Namakan Palasarigirang. Pada Zaman Kolonial Belanda di Pimpin Oleh Bapak Danu.

UU Nomer 14 tahun 1950 tentang pembentukan daerah-daerah Kabupaten dalam lingkungan Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk per November  2018  yaitu 7.062  Jiwa, dan potensi yang ada yaitu pertanian, perternakan, Kesenian.

Desa Palasarigirang mulanya terdiri dari Tiga  Wilayah yang meliputi :

1.     Wilayah Palasarigirang

2.     Wilayah Pulosari

3.     Wilayah Walangsari

Dikarenakan sekitar tahun 1984 Wilayah Pulosari memisahkan dari Desa Palasarigirang, kemudian sekitar tahun 1986-an Wilayah Walangsari pun memisahkan diri dari Desa Palasarigirang.

Luas Desa Palasarigirang adalah 362 H hasil di lihat dari Wilayah administrasinya, Desa Palasarigirang terdiri dari 6 Dusun, 7 Rw, dan 29 Rt. Desa–desa yang termasuk Wilayah Desa Palasarigirang adalah Dusun Palasari, Dusun Sawah Lega, Dusun Pasir Awi, Dusun Ciwangun, Dusun Bojongmenteng Girang dan Dusun Bojongmenteng Hilir. Batas administrasi Desa Palasarigirang adalah sebelah utara berbatasan dengan Desa Pulosari, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kalapanunggal, sebelah barat berbatasan dengan Desa Makasari, sebelah timur berbatasan dengan Desa Walangsari.

Desa Palasarigirang berada dikaki Gunungsalak yang mempunyai ketinggian antara 500-1000 meter diatas permukaan air laut. Bentuk fisiografis wilayah Desa Palasarigirang didominasi oleh lahan dengan kemiringan 15-25% di bagian utara, tengah dan selatan, kemiringan 0-3% di bagian tengah, kemiringan 3-8% terdapat di bagian timur dan kemiringan 8-15% terdapat di bagian timur laut.

Iklim di Desa Palasarigirang masih dipengaruhi keadaan iklim secara regional wilayah Kabupaten Sukabumi yang beriklim tropis basah dengan curah hujannya sangat dipengaruhi oleh angin muson yang bertiup dari dataran Australia dan Asia. Keadaan curah hujan di Desa Palasarigirang berdasarkan data pencatat hujan adalah 1.682 mm pertahun, dengan jumlah hari hujan setiap tahunnya adalah 117 hari. Suhu udara di Desa Palasarigirang berkisar antara 21


Poskod[sunting | sunting sumber]

Poskod yang digunakan di Palasari Girang adalah 43354. Terdapat 7 buah desa di dalam daerah kecamatan Kalapa Nunggal.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pautan luar[sunting | sunting sumber]