Yamato (watak Naruto)

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
(Dilencongkan dari Yamato)

Yamato merupakan salah satu watak fiksyen dalam siri Naruto, sebuah manga-animasi-permainan terkenal di Jepun, ciptaan Masashi Kishimoto.

Biodata
Nama Yamato
Kelahiran 10 Ogos
Umur 26-27 (Bahagian ll)
Tinggi 178 CM (Bahagian ll)
Berat 58.4 KG (Bahagian ll)
Jantina Lelaki
Elemen Elemen Tanah

Elemen Air

Elemen Yang


Kekkei Genkai Elemen Kayu (Tanah + Air)


Jenis Darah A
Rank Bahagian Il : Anbu

Gaiden : Jonin

Pasukan Penyusupan dan Pengintaian
Tempat asal Konohakagure

Yamato (ヤ マ ト, Yamato), juga dikenali sebagai "Tenzō" (テ ン ゾ ウ, Tenzō), keduanya adalah nama kod untuk seorang ahli Anbu yang kemudiannya menjadi jōnin dari kampung Konoha. Pada asalnya, Yamato merupakan salah sebuah hasil eksperimen yang dijalankan oleh Orochimaru dan Danzou bagi melahirkan shinobi yang mampu menguasai Elemen Kayu yang ketika itu cuma dikuasai oleh Hokage Pertama yang telah lama meninggal dunia. Yamato yang pada mulanya diletakkan di bawah penguasaan Danzou dibawa ke Konoha oleh Sarutobi Hiruzen iaitu Hokage Ketiga berikutan kemampuannya untuk menggunakan Elemen Kayu, satu elemen yang cukup sukar untuk dikuasai dan cuma dimiliki oleh pengasas kampung Konoha sendiri iaitu Hashirama Senju. Kebolehan Yamato menggunakan Elemen Kayu sangat diperlukan oleh kampung Konoha untuk mengawal Kyuubi yang dikunci dalam Uzumaki Naruto. Elemen Kayu yang dimiliki Yamato mempunyai teknik pengunci yang memiliki kekuatan untuk mengawal chakra Kyuubi dari terus menguasai tubuh badan Uzumaki Naruto. Dia dipanggil kembali dari pasukan ANBU oleh Tsunade dan dimasukkan ke dalam Kumpulan Kakashi sebagai pengganti sementara kepada guru Kumpulan 7, Hatake Kakashi. Sebaik sahaja Kakashi pulih dari kecederaan yang dialaminya dan kembali menyertai Kumpulan 7, Yamato masih lagi membantu Kakashi dalam meneruskan misi yang ditempuhi oleh Kumpulan 7.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Yamato lulus dari akademi ninja Konoha pada usia enam tahun, dan pada usia yang sama, dinaikkan pangkat Genin ke pangkat Chunin. Sewaktu masih bayi, dia diculik oleh Orochimaru dan menjadi salah seorang dari enam puluh bayi yang diperlukan Orochimaru untuk menjadi subjek ujikajinya. Bayi-bayi yang diculik itu disuntik dengan sel Hokage Pertama dengan harapan mereka berupaya menguasai kemampuan hebat Hokage Pertama iaitu Elemen Kayu. Sebelum Orochimaru berjaya mendapatkan keputusan akhir eksperimen yang dijalankannya, dia nyaris ditangkap oleh Hokage Ketiga dan Orochimaru bertindak melarikan diri dari kampung Konoha. Berikutan hampir kesemua bayi yang menjadi bahan ujikaji eksperimen Orochimaru meninggal dunia selepas disuntik dengan sel Hokage Pertama , Orochimaru percaya semua hasil ujikajinya yang masih hidup akan mati juga. Namun hakikatnya, Yamato adalah satu-satunya bayi dari eksperimen ngeri tersebut yang selamat dan dia berjaya menguasai Elemen Kayu mampu mengawal makhluk berekor seperti Kyuubi. Di anime, saat berada di dalam peti eksperimen, Yamato yang berada dalam keadaan sedar telah melihat sendiri bagaimana bayi-bayi lain meninggal dunia kerana kegagalan mengawal kesan sel Hokage Pertama yang dimasukkan ke dalam badan mereka. Tidak lama kemudian, dia menggunakan Elemen Kayu untuk melarikan diri. Sewaktu Yamato cuba melarikan diri, dia telah dicekup oleh Danzō Shimura. Berikutan Yamato kehilangan semua ingatan tentang maklumat dirinya, dia dibawa oleh Danzōu lalu dimasukkan ke dalam pasukan Akar ANBU dengan nama Kinoe (甲, Kinoe).

Memiliki harapan yang tinggi terhadap Kinoe, Danzōu mulai melatihnya dengan bersungguh-sungguh. Dia juga memberi Kinoe sebuah skrol yang mengandungi rahsia dan pelbagai teknik Elemen Kayu. Sewaktu Hiruzen Sarutobi kembali menjawat jawatan sebagai Hokage selepas Minato Namikaze meninggal akibat tragedi amukan Kyuubi, Danzōu mengirim anggota Root, termasuk Kinoe, untuk membunuh Hokage Ketiga. Namun tindakan tersebut berjaya dihalang oleh Hatake Kakashi, yang ketika itu baru saja diserapkan ke dalam pasukan ANBU dibawah arahan Hokage, telah memberi amaran kepada Hokage Ketiga dan bertindak menyamar sebagai Hokage Ketiga untuk menggantikannya. Kakashi dengan pantas berjaya mengalahkan Kinoe, tetapi memilih untuk melepaskannya dengan satu harapan bahawa Kinoe akan menjadi aset yang berharga buat masa depan kampung Konoha. Setelah pertarungan tersebut, Kinoe mulai mengikuti gerak geri Kakashi dari jauh. Kinoe kemudian memberitahu Danzōu tentang pengkhianatan Orochimaru terhadap kampung Konoha. Setelah menyampaikan pesannya kepada klan, yang berjanji untuk membantu Orochimaru melarikan diri dari negara tersebut, dia bertemu dengan seorang gadis muda bernama Yukimi yang bersikeras bahwa Kinoe adalah kakaknya, Tenzo. Sementara Yukimi mulai mengajak Kinoe berkeliling, kabar segera sampai pada mereka bahwa seseorang yang tidak dikenal telah memasuki gua.

Ketika penyusup, Kakashi, ditundukkan oleh klan Iburi, Kinoe meyakinkan mereka untuk membiarkannya menginterogasi Kakashi. Sementara tampaknya sendirian, Kinoe mengungkapkan bahwa misi sebenarnya sama dengan Kakashi, memastikan bahwa Orochimaru tidak melarikan diri dari negara tersebut. Gotta, pemimpin klan, mendengar ini saat meningtip dan dengan cepat memerintahkan agar Konoha-nin dibunuh, meskipun Yukimi menolak untuk membiarkan Kinoe mati, menyelamatkan mereka berdua. Meninggalkan Kakashi, Yukimi memiliki tubuh Kinoe dan keduanya pergi ke karnival, di mana mereka mengambil bagian dalam perayaan. Kakashi kemudian menyusul, berencana menggunakan Yukimi untuk menangkap Orochimaru, karena dia sangat penting baginya. Menolak untuk membiarkan Yukimi digunakan sebagai umpan, Kinoe lari bersamanya, mengumumkan bahwa namanya adalah "Tenzo".

Dengan cepat mengejar mereka, Kakashi menjelaskan bahwa darah Yukimi sementara waktu dapat memberikan Orochimaru dengan transformasi asap klan Iburi, memungkinkan dia untuk menyelinap melintasi perbatasan. Mendengar itu, Yukimi menyelinap pergi dan kembali ke gua. Menyadari bahwa Kinoe merawat Yukimi sama seperti dia merawat Rin Nohara, Kakashi setuju untuk bekerja sama dengan Kinoe untuk menyelamatkannya. Setelah kembali ke gua, keduanya menemukan bahwa Orochimaru telah membunuh klan Iburi dan menangkap Yukimi. Roh Iburi membimbing Kinoe dan Kakashi ke Yukimi, menyebabkan Orochimaru melarikan diri. Tubuh Yukimi kemudian mulai tidak stabil, tetapi roh Iburi menggunakan kekuatan mereka bersama dengan Elemen Kayu Kinoe untuk menstabilkan kembali kemampuannya. Kakashi memutuskan untuk pergi dan tidak melaporkan apapun tentang keterlibatan Iburi atau Root. Yukimi, tidak perlu lagi takut angin, berpisah dengan Kinoe untuk melihat dunia, sementara Kinoe senang mengetahui bahwa dia memang memiliki kekuatan untuk menyelamatkan orang.

Tiga tahun kemudian, Danzō, takut bahwa Sharingan yang ditransplantasikan pada akhirnya akan menjadi buta karena penggunaannya yang berlebihan, menugaskan Kinoe dan Kinoto untuk mencuri Sharingan dari Kakashi sebagai penggantinya. Kinoe menemukan Kakashi saat menjalankan misi untuk menyelidiki salah satu laboratorium yang ditinggalkan Orochimaru. Saat awalnya bekerja bersama Kakashi, dia dengan cepat menyerang shinobi yang lebih tua. Saat Kakashi mencoba beralasan dengannya bahwa teman tidak boleh saling membunuh, Kinoe membalas komentar itu, mengetahui bahwa Kakashi membunuh temannya, Rin. Marah karena Kinoe percaya Kakashi membunuhnya dengan sengaja, Kakashi dengan cepat mengalahkannya, memberitahu Kinoe bahwa dia mati karena dia tidak bisa melindunginya, membuat Kinoe mengingat subjek tes lain yang ingin dia selamatkan. Menolak untuk membunuh Kinoe karena dia masih menganggapnya sebagai teman dan sekutu, Kakashi malah memilih untuk membawanya ke Hokage Ketiga. Sebelum dia bisa, salah satu eksperimen ular Orochimaru lolos dari tabung reaksi dan menyerang keduanya. Saat Kinoe ditawan, Kakashi berhasil membunuh makhluk itu. Saat menyelamatkan Kinoe, mayat makhluk itu mulai mengeluarkan uap beracun yang dengan cepat menginfeksi Kakashi. Kinoe mengeluarkan Kakashi dengan selamat dan, setelah menerima kata-kata Kakashi, Kinoe memberi Kakashi penawar dan memilih untuk meninggalkan misinya, meninggalkan pesan Kakashi tentang itu.

Setelah kembali ke Danzō, tetua itu sangat marah pada pilihan terang-terangan Kinoe untuk menentang perintahnya. Sementara Kinoe bersikeras bahwa Root tidak boleh menargetkan sesama anggota Konoha karena mereka adalah sekutu, Danzō membalas dengan menyatakan bahwa Root ada sebagai bagian terpisah dari Konoha. Mengingat perasaan persahabatan dari Yukimi, Kinoe akhirnya memutuskan bahwa filosofi Root bukan untuknya. Muak dengan pandangan baru Kinoe, Danzō menjatuhkannya dengan Sharingan, memerintahkan anak buahnya untuk mengaktifkan segel kutukan Kinoe. Saat Kinoe bersiap untuk operasi, Kakashi tiba dan membebaskannya. Keduanya dengan cepat dikelilingi oleh Danzō dan beberapa anggota Root. Sebelum Danzō bisa bertindak, Hokage Ketiga muncul, menjamin kedatangan Kakashi yang tidak disetujui dan meyakinkan Danzō untuk memberikan Kinoe kepadanya, meskipun Danzō menolak untuk melepaskan segel terkutuk di lidah Kinoe. Kemudian, Kinoe ditugaskan kembali ke Tim Ro di bawah komando Kakashi. Bergabung dengan skuad barunya, Kinoe mendapat sambutan hangat untuk sekutu barunya dan bersikeras oleh Kakashi bahwa dia menggunakan nama pilihannya "Tenzo", yang dengan senang hati dia setujui.

Selama waktu ini di Anbu, dia bertugas di bawah bimbingan Kakashi dan belajar banyak darinya, mengembangkan rasa hormat yang besar untuk kaptennya. Dua tahun setelah bergabung dengan Tim Ro, Anbu baru ditambahkan ke tim mereka, Itachi Uchiha, yang merupakan Anbu termuda sepanjang masa. Sementara banyak anggota tim mempertanyakan kebijaksanaan mengizinkan seseorang yang begitu muda untuk bergabung dengan Anbu, Tenzo dan Kakashi menaruh minat besar pada bakat keajaiban itu. Dua tahun kemudian, Tenzo terkejut mengetahui bahwa Itachi dijadikan kapten Anbu bahkan lebih muda dari Kakashi. Dia dan Kakashi kemudian didekati oleh Yūgao Uzuki, yang akan bertindak sebagai pengganti Itachi untuk Tim Ro. Kemudian, Tim Ro dimobilisasi untuk mencegat kudeta yang direncanakan, yang telah dihentikan oleh pembantaian klan. Saat mereka mulai mengumpulkan mayat, Danzō memberi tahu mereka bahwa pelakunya adalah mantan rakan mereka, Itachi. Beberapa waktu setelah genosida, Tenzo mencoba menghibur Kakashi, yang sedih dengan ketidakmampuannya untuk membantu atau bahkan memahami mantan temannya. Kemudian, setelah Kakashi diberhentikan dengan hormat dari Anbu dan ditugaskan kembali sebagai Jōnin sensei, Tenzo pergi menemui mantan kaptennya, mencatat perubahan positif dalam sikap Kakashi dari posisi barunya. Sebagai Tenzo melanjutkan kariernya di Anbu, ia akan datang untuk memiliki rekod kinerja terbaik dari setiap Anbu melayani di bawah Hokage Ketiga.

Dalam anime, ketika Tim 10 dan Naruto Uzumaki diberi misi peringkat B, berpotensi peringkat A, untuk menyelamatkan putra seorang daimyo, Shū, yang merupakan sekutu Negara Api, Tsunade memanggil Yamato. Karena rumor tentang ada aktivitas mencurigakan yang terjadi di Tanah Ini di mana Tim 10 menuju, dia meminta Yamato diam-diam membuntuti Konoha-nin muda jika hal-hal menjadi bahaya peringkat-S dan juga mengumpulkan informasi apa pun yang mungkin. Kemudian, setelah Tim 10 menyelesaikan tahap awal dari rencana mereka, menangkap Shū, bangsa itu tiba-tiba diserang oleh Akatsuki. Yamato mengambil tindakan dan menghancurkan beberapa boneka Sasori. Meskipun bantuannya, bangsa akhirnya jatuh ke serangan Akatsuki. Dengan misi Tim 10 masih akan mengembalikan rumah Shu, Yamato membuntuti mereka sampai mereka melintasi perbatasan negara. Setelah itu, Yamato kembali ke Konohagakure untuk melapor ke Tsunade, yang merasa terganggu oleh berita tersebut


Personaliti

liti[sunting | sunting sumber]


Personaliti[sunting | sunting sumber]

Yamato adalah orang yang sangat berhati-hati dan umumnya sangat siap. Dia menunjukkan sikap tenang dan tabah bahkan dalam situasi yang sangat menegangkan. Dia menjalankan misinya dengan sangat serius, bahkan bersikeras untuk dirujuk oleh apa pun nama kodnya ketika ini. Di anime, tidak memiliki keluarga atau kenangan tentang mereka, keinginan terbesar Yamato adalah bekerja keras untuk desa untuk membuat orang lain bahagia dan diakui oleh semua orang atas usahanya, terutama sebagai pemimpin Tim 7, seperti yang diungkapkan oleh Tsukuyomi Tak Terbatas. Yamato juga sangat tertarik pada arkitek yang dapat dilihat saat dia pergi menjalankan misi dan membuat rumah untuk "berkemah". Keterampilan untuk menggabungkan hobinya dengan kekkei genkai juga terlihat setelah serangan Pain di Konoha dimana dia adalah kuncinya dalam menciptakan kembali desa. Meskipun dia telah bersikap baik sejauh ini, Yamato mengaku sebagai pemimpin yang berbeda dari Kakashi, orang yang tidak di atas "memerintah dengan menggunakan teror" ketika timnya berperilaku buruk. Selain dari keahliannya yang jelas penintipan sebagai seorang ninja, bagaimanapun, "teror" ini sejauh ini terutama terdiri dari ekspresi "mata hantu" yang menyeramkan atas tuduhannya. Naruto, terutama, mudah ketakutan olehnya, dan menyatakan bahwa ia merasa seperti Yamato yang mengendalikannya dengan rasa takut - sesuatu yang Yamato sendiri telah catat bahwa ia tidak memiliki keraguan. Dia juga kurang bertolak ansur dalam jenaka Naruto dan kurang menghormati aturan daripada Kakashi. Dia, bagaimanapun, juga cenderung menjadi korban dari lawak kejam ketika diberikan informasi yang menyesatkan, sebagai saksi ketakutan yang terlihat dan gangguan berikutnya ketika Killer B dengan jahat bergurau tentang bahaya jinchūriki mencoba untuk mengendalikan monster berekor mereka. Di anime, dia diperlihatkan menggunakan wajah ketakutannya dengan cara yang lebih lucu ketika dia membuat jembatan untuk Naruto dan yang lainnya dan bertanya apakah Naruto selesa dia ikut.

Terlepas dari sikapnya yang serius dan terkadang terlalu banyak bekerja, Yamato dikenal agak suka bermain, seperti kecenderungannya untuk mengenakan Naruto selama waktu istirahat mereka dalam misi. Dia biasanya melakukan ini dengan menggunakan penampilan menakutkan pada mata hantu atau klon kayu untuk menakut-nakuti Naruto selama cerita hantu, menunjukkan bahwa dia memang memiliki selera humor di balik semua tanggung jawab dan keseriusan itu. Dia juga menyadari kecenderungannya untuk terlalu banyak bekerja oleh rekan-rekannya dan menjadi frustrasi oleh kurangnya apresiasi mereka tentang betapa melelahkannya teknik Elemen Kayu meskipun kegunaan dan keserbagunaannya jelas.

Yamato dikenal menghormati peringkat, karena dia mengatakan pada Naruto, yang merupakan Hokage Ketujuh, untuk tidak memanggilnya "Kapten Yamato" lagi.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Yamato mempunyai rambut coklat pendek dan mata hitam berbentuk almond. Semasa masih kanak-kanak dan subjek ujian Orochimaru, rambutnya yang panjang dan tidak terawat melewati bahunya. Ketika dia melabuhkan tirainya, Yamato mengenakan pakaian Anbu yang standard: jumper hitam tanpa lengan di bawah jaket flack kelabu dengan sandal shinobi yang diikat, sarung tangan panjang dengan pelindung di atasnya. Dia membawa pedang yang diikat di punggungnya, dan memakai topeng yang menyerupai wajah kucing yang ditutupi dengan tanda hijau dan merah yang rumit, dan tatu Anbu di bahu kirinya. Namun, ketika dia bertemu dengan Naruto, Sakura, dan Sai untuk pertama kalinya, dia telah berubah menjadi variasi pakaian standar Konoha-nin, dengan jaket flak.

Perbezaan antara pakaiannya dan pakaian yang standard adalah bahawa dia tidak mempunyai jubah Uzushiogakure di bahu lengan baju, dan leher kemeja biru lautnya sesuai dan naik ke dagunya. Dia juga masih menyimpan dua kantung pinggul yang diikat di punggung bawah dan bukan hanya satu. Selain itu, ia memiliki pelindung dahi gaya happuri yang membingkai wajahnya, mirip dengan Tobirama Senju.

Bertahun-tahun kemudian semasa pemerintahan Hokage Ketujuh, penampilan Yamato tetap sama kecuali dengan perubahan kecil yang ketara: dia mengalami kerutan kecil di bawah matanya dan di sudut mulutnya, rambutnya lebih pendek, runcing dan pelindung dahinya yang bergaya bahagia tidak mempunyai lambang dan sedikit retak.

Kebolehan[sunting | sunting sumber]

Dalam anime, bakatnya terbukti cukup untuk bergabung dengan Anbu ketika masih kecil. Oleh kerana kebolehan dan kemampuannya, Danzo menjadikannya sebagai perantis peribadinya dan melatih Yamato sendiri. Sebagai ahli Anbu, Yamato adalah seorang ninja yang sangat berkemampuan, mempunyai salah satu - jika bukan rekod perkhidmatan terbaik bagi seseorang yang bekerja di bawah Hokage Ketiga - memimpin Hokage Kelima untuk memiliki kepercayaan yang paling tinggi kepadanya. Setelah meninggalkan organisasi, dia dipromosikan menjadi jōnin, dengan keahliannya digunakan untuk memantau Orochimaru, dan juga dikenali sehingga Kad X dibuat darinya.

Ninjutsu[sunting | sunting sumber]

Tranformasi Alam[sunting | sunting sumber]

Berkongsi sel DNA yang sama dengan Hokage Pertama, Yamato memiliki kekkei genkai Elemen Kayu . Kekkei genkai ini membolehkannya untuk menggabungkan chakra dari Elemen Tanah di tangan kanan, dan Elemen Air di tangan kiri, untuk menghasilkan tumbuh-tumbuhan seperti pokok dan bahkan rumput yang dapat tumbuh di pelbagai jenis permukaan. [28] Pokok-pokok ini dapat ditanam bukan hanya tumbuh dari persekitarannya bahkan juga dari tubuhnya sendiri dengan menggunakan sel-selnya tubuhnya sendiri sebagai sumber kehidupan. Oleh kerana kemampuan yang dimilikinya merupakan sekadar hasil dari eksperimen, Yamato telah menyedari bahawa dia tidak mampu menggunakan teknik Elemen Kayu sepenuhnya, sekaligus menyaksikan keupayaan Yamato terlalu jauh untuk dibandingkan dengan Elemen Kayu yang dimiliki oleh Hokage Pertama.

Meskipun tidak sehebat Hokage Pertama, dia memiliki kemampuan untuk menggunakan teknik Elemen Kayu dengan baik sebagai senjata ketika bertarung, sekaligus menunjukkan Yamato memiliki kebolehan kawalan yang cukup hebat dan telah mengharumkan namanya sebagai satu-satunya shinobi yang mampu menggunakan Elemen Kayu. Dalam anime, dia telahpun berjaya menguasai Elemen Kayu dengan berkesan semasa masih kecil lagi. Sebahagian besar teknik Elemen Kayu yang dikuasai Yamato dipelajari menerusi skrol yang mengandungi teknik Elemen Kayu yang pada asalnya berada dalam simpanan Hokage Pertama.


Yamato dapat menggunakan Pelepasan Kayu untuk tujuan menyerang dan bertahan: dia dapat mengelilingi dirinya dengan kubah kayu yang sangat tahan lama, yang juga dapat dia gunakan untuk memerangkap musuh di dalam, dan di anime, membuat perisai kayu yang dapat membangun kembali dirinya sendiri, dan dinding dahan kusut. Dia juga dapat menyebabkan pohon tumbuh dari lengannya, yang dapat digunakan untuk menjebak atau menusuk musuh, dan membuat pohon yang mengikat di sekitar musuh dan kemudian menghancurkannya.

Yamato juga dapat menggunakan Pelepasan Kayu untuk tujuan lain, seperti untuk berubah menjadi seseorang, dengan kayu bertindak sebagai lapisan luar, yang memungkinkannya untuk meninggalkan jas ketika diperlukan. Dia mampu membuat klon berasaskan kayu yang dapat dihasilkan dari badannya atau dari tanah. Oleh kerana mereka mempunyai sel yang sama, dia dapat mengesan lokasinya, berkomunikasi dengannya jarak jauh, dan menyerap maklumat yang dikumpulkannya dengan meletakkan tangannya di atasnya. Yamato bahkan dapat mengubah klon kayu menjadi biji untuk mengesan siapa sahaja yang ditanamnya. Dia dapat menghasilkan struktur kayu hampir seketika, yang dapat dia gunakan untuk membuat sangkar besar yang digunakan untuk menahan tahanan dan menakut-nakuti bawahan yang tidak teratur, dan sebuah rumah besar yang dapat didirikan seketika dan bukannya mendirikan kem.


Yamato juga mahir dalam penggunaan Elemen Air dan Elemen Bumi, seperti yang terlihat ketika dia mengangkat tanah dan membuat air terjun. Dia juga mampu menggunakan Elemen Yang.

Mengawal Raksasa Berekor[sunting | sunting sumber]

Menggunakan kalung peninggalan Hokage Pertama untuk menguatkan kekuatannya, Yamato mampu mengawal kekuatan makhluk berekor. Kekuatan kekkei genkai ini merupakan salah satu sebab utama Hashirama Senju dipilih sebagai Hokage Pertama, dan kemampuan yang dimilikinya sangat didambakan oleh Orochimaru. Walaupun Hokage Pertama dapat mengawal kuasa seluruh makhluk berekor seperti Kyuubi dengan teknik Elemen Kayu, Yamato mengakui teknik Elemen Kayu kepunyaannya tidak sehebat yang dimiliki oleh Hokage Pertama. Yamato hanya mampu mengawal kuasa Kyuubi yang bertindak mengawal tubuh Uzumaki Naruto dalam bentuk empat ekor hanya dalam tempoh beberapa saat. Atas sebab inilah Yamato ditugaskan untuk menyertai Kumpulan 7 semasa ketiadaan guru mereka, Hatake Kakashi.


Dia juga menambahkan segel pada kalung Hokage yang akan mengaktifkan dan memperlihatkan sejumlah di telapak tangannya yang sesuai dengan ekor yang diperoleh Naruto, ketika dia memanggil terlalu banyak chakra Sembilan-Ekor, berusaha menahannya dan mengingatkan Yamato agar apa yang berlaku. Namun, dengan pemusnahan kalung itu, Yamato menyiratkan bahawa dia tidak lagi dapat menolong menindas binatang berekor. Walaupun begitu, semasa latihan kawalan ekor binatang Naruto, ketika Naruto mula kehilangan kawalan, Yamato berusaha menekan binatang itu sekali lagi.

Yamato juga dapat menggunakan Wood Release untuk menekan chakra orang biasa, seperti yang terlihat ketika dia menekan chakra Kisame untuk menundukkannya setelah penangkapannya.

Skill Lain[sunting | sunting sumber]

Yamato sangat mahir dalam beberapa bidang pertempuran, termasuk mengejar, memerangkap, diam-diam, dan taktik penyelewengan. Dia memiliki naluri yang kuat dalam pertempuran, memungkinkannya untuk cepat bereaksi terhadap ancaman. Dia juga dapat bergabung dengan persekitaran untuk mengintip tidak dapat dikesan atau menghindari kebanyakan serangan. Selama menguji kemahiran pasukan barunya, dia menunjukkan kemampuan yang cukup besar di taijutsu, seperti yang ditunjukkan ketika dia secara bersamaan menangkis Naruto dan Sai. Berkat latihannya sebagai Anbu, Yamato mahir dalam kenjutsu, dapat bertarung melawan Kakashi seniornya. Dia juga memiliki keahlian dalam fūinjutsu, kerana dia dapat meletakkan segel dan memasang untuk mengaktifkannya dalam keadaan tertentu. Setelah diubah secara genetik agar sesuai dengan DNA Hashirama, Yamato juga diberikan kemampuan shinobi legendaris untuk menyembuhkan hampir semua luka, tanpa memerlukan segel tangan.

ei