Dave Bautista

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
Dave Bautista
Bautista di GalaxyCon 2019
Kelahiran
David Michael Bautista Jr.

(1969-01-18) 18 Januari 1969 (umur 55)
Tahun aktif1999–2010, 2014, 2018–2019 (gusti)
2006–kink (pelakon)
2012 (MMA)
Ketinggian198 cm (6 ka 6 in)[1]
PasanganGlenda Bautista
(k. 1990; c. 1998)

Angie Bautista
(k. 1998; c. 2006)

Sarah Jade
(k. 2015; sep. 2019)
Anak-anak3
Tandatangan

David Michael Bautista, Jr. (lahir pada 18 Januari 1969) ialah seorang pelakon dan bekas ahli gusti profesional dari Amerika Syarikat terutamanya untuk syarikat WWE. Beliau menjadi juara dunia sebanyak enam kali, Kejohanan Heavyweight Dunia sebanyak empat kali, dan Kejohanan WWE sebanyak dua kali di bawah agensi ini. Di samping itu, Batista telah memenangi Kejohanan Tag Team Dunia sebanyak tiga kali (dua kali dengan Ric Flair dan sekali dengan John Cena) dan Kejohanan Tag Team WWE sekali (dengan Rey Mysterio). Batista juga merupakan pemenang Royal Rumble 2005 dan berjaya memenangi Kejuaraan Heavyweight Dunia di WrestleMania 21.[3]

Awal hidup dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kerjaya pergustian[sunting | sunting sumber]

Ohio Valley Wrestling (2000-2002)[sunting | sunting sumber]

Sebelum bekerja di WWE, Batista bekerja di Ohio Valley Wrestling dengan nama: Leviathan. Di sana ia memenangkan OVW Heavyweight Championship sekali. Batista meninggalkan OVW setelah mendapat promosi dari WWE.

World Wrestling Entertaiment (2002 - sekarang)[sunting | sunting sumber]

Debut[sunting | sunting sumber]

Batista memulai kariernya di WWE pada tanggal 9 Mei, 2002 di episode Smackdown! dengan nama: Deacon Batista. pertandingannya yang pertama di wwe adalah pertandingan tag tim, dia dan Reverend D-Von melawan Randy Orton dan Faarooq, Batista dan Reverend D-Von menang pertandingan itu. Dalam beberapa minggu itu Randy Orton mencuba untuk mengalahkan Batista dan Reverend D-Von dengan berbagai-bagai pegulat yang lain tetapi tidak pernah menang. Batista kalah yang pertama kali ialah kepada Rikishi. Alasan dia kalah adalah karena Reverend D-Von tidak sengaja meninju Batista dan Rikishi segera mengakhirkan pertandingan ini. Setelah itu, Batista dan Reverend D-Von berselisih selama beberapa minggu, Akhirnya Batista menyerang Reverend D-Von. Setelah berpisah dangan Reverend D-Von, Batista pindah ke merek RAW dan mempunyai nama baru: Dave Batista atau dengan singkat Batista. Dia selaras dengan Ric Flair dan bermusuhan dengan Kane, Dia mengalahkan Kane di Armageddon.

Evolution (2003-2005)[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2003, Batista bergabung dengan Triple H, Ric Flair dan Randy Orton untuk membuat kelompok yang jahat bernama Evolution. Akan tetapi Batista banyak dikesampingkan pada tahun 2003 karena dia mencerekan Otot triceps brachiinya pada saat bertanding di acara RAW live. Ketika dia berlatih setelah sembuh, dia mencederakan Otot triceps brachiinya lagi. Batista kembali pada tanggal 20 Oktober 2003 di episodenya RAW, oleh campur tangan pertandingan Shawn Michaels dan Goldberg. Dia "menghancurkan" pergalangan kakinya Goldberg dengan kursi besi. Setela itu Evlotuion datang dan Triple H menghargai Batista dengan 100.000 dolar. Pada tanggal 10 November edisinya RAW, Goldberg mengalahkan Batista setelah Triple H campur tangan di pertandigan itu.

Di Armageddon, Batista bersaing 2 kali, yaitu pertama dia bertanding bersama Shawn Michaels, dia kalah pertandingan itu. pertangingan yang kedua ialah dia dan Ric Flair menang pertandingan dari Dudley Boyz mereka juga menang World Tag Team Champions. Di akhir acara itu semua anggota Evolution mempunyai gelar dengan Triple H memengangkan World Heavyweight Championship dan Randy Orton memenangkan WWE Intercontinental Championship. Batista dan Ric Flair memegang gelar itu sampai 16 Februari 2004 di episodenya RAW, mereka dikalahkan Booker T dan Rob Van Dam. Mereka kemudian memenangkan gelar itu kembali dengan jangka pendek.

Sebagai 2005 mulai, Triple H menyadari kemungkinan Batista menjadi ancaman kepada gelar World Heavyweight Championshipnya, sehingga Triple H mengusulkan Batista untuk tidak masuk ke pertandingan Royal Rumble. Namun Batista masuk ke pertandingan itu dan dia menang oleh mengeliminasi terakhir John Cena. Sesuai dengan peraturannya WWE, setiap orang yang menang pertandingan Royal Rumble mendapatkan hak untuk bertading di acara utama di Wrestlemania melawan pegulat yang mempunyai gelar World Heaveweight Champions atau WWE Champions. Triple H lalu membujuk Batista untuk menantang John "Bradshaw" Layfield daripada dia, Batista pura pura mengatakan ya dan pada saat menandatangani pertandingan kontrak dia mengambil kontraknya Smackdown dan memberikan Triple H dan Ric Flair tangan jempol naik ke atas dan tiba tiba dia menurukannya sebelum dia menyerang mereka berdua, dia juga membantingkan Triple H ke meja yang digunakan untuk penandatanganan kontrak itu. Dia mengatakan bahwa dia akan bertanding dengan Triple H di WrestleMania 21 untuk gelarnya Triple H.

Pindah Ke Smackdown! (2005-2008)[sunting | sunting sumber]

Batista menang gelaran World Heavyweight Championship dari Triple H di Wrestlemania 21 tanggal 3 April 2005. Batista juga menang pertandingan ulang dari Triple H untuk gelaranya di Backlash, setelah Batista mempertahankan gelarnya dari Edge, dia dikhianati oleh Ric Flair, Ric Flair menolong Triple H menyerang Batista dengan kejam kemudian Triple H menantang Batista ke Pertandingan Hell in a Cell di acara Vengeance. Batista menang pertandingan ini juga dan kemenangan ini Batista menjadi orang pertama yang mengalahkan Triple H di pertandingan Hell in a Cell.

Batista lalu pindah ke merek SmackDown pada 2005 WWE Draft Lottery dan memulai permusuhan dengan John "Bradshaw" Layfield. Pada tanggal 16 Desember 2005, Batista dan Rey Mysterio memenangkan WWE Tag Team Championship dari tim MNM membuat Batista mempunyai dua gelar. Dua minggu kemudian MNM merebut kembali gelar mereka dari Batista dan Rey Mysterio. Beberapa minggu kemudian Otot triceps brachii kanannya robek karena Mark Henry menyerang dia berulang kali setelah kehilangan gelar tag tim dan akhirnya Batista harus melepaskan gelar World Heavyweight Championshipnya.

Batista kembali bergulat pada tanggal 6 Juli 2006 dan pada acara Survivor Series 2006, Batista memenangkan gelar World Heavyweight Championship dari King Booker.

2007[sunting | sunting sumber]

Batista kehilangan gelarannya di WrestleMania 23 kepada The Undertaker. Beberapa bulan kemudian pemegang World Heavyweight Championship adalah The Great Khali dan setelah delapan kali Batista tidak berhasil mendapatkan gelar itu, dia akhirnya mendapatkan gelar itu dari The Great Khali di Pertandingan Triple Threat dan juga melibatkan Rey Mysterio di acara Unforgiven. Untuk pertandingan ulang, The Great Khali menantang Batista di Pertandingan Punjabi Prison di acara No Mercy 2007, dimana Batista menang. Pada acara Armageddon 2007, Batista kehilangan gelarnya kepada Edge di petandingan Triple Threat yang juga melibatkan The Undertaker.

2008[sunting | sunting sumber]

Pada 23 Jun 2008, batista dipindahkan dari SmackDown ke RAW di 2008 WWE Draft. Di episode RAW tanggal 4 Ogos tahun sama, dia dan John Cena memenangkan World Tag Team Championship dari Cody Rhodes dan Ted DiBiase tetapi seminggu kemudian mereka kehilangan gelar itu kepada Cody Rhodes dan Ted DiBiase juga. Pada acara SummerSlamdia mengalahkan John Cena di pertandingan tunggal. Pada acara Cyber Sunday dia memenangkan World Heavyweight Championship dari Chris Jericho, tetapi delapan hari kemudian Chris Jericho merebut gelarnya setelah Batista kalah di Pertandingan Steel Cage.

2009[sunting | sunting sumber]

Batista memenangkan WWE Championship dari Randy Orton pada acara Extreme Rules 2009. Tetapi besoknya The Legacy, tim yang dipimpin Randy Orton menyerang Batista dan Batista harus melepaskan gelarnya karena cedera yang dihasilkan Randy Orton. Selama pemulihan, Batista daatang ke WWE sebagai Guest Host RAW yang pertama.

Batista kembali dari cederanya di episode RAW tanggal 14 September, dia mengatakan bahwa dia akan pindak ke SmackDown dan pada malam itu juga dia mengalahkan Randy Orton di pertandingan no-holds barred.

Setelah beberapa bulan berdebut di SmackDown, dia menjadi pegulat yang buruk ketika setelah Pertandingan Fatal Four Way di acara WWE Bragging Rights untuk gelar The Undertaker yang dia kalah pada saat itu, dia menyerang Rey Mysterio.

2010[sunting | sunting sumber]

Batista memenangkan WWE Championship dari John Cena di acara WWE Elimination Chamber ketika dia mengalahkan John Cena, yang baru saja memegang gelar WWE Championship karena baru memenangkan Pertandingan Elimination Chamber. Di acara WrestleMania XXVI dia kehilngan gelar WWE Championshipnya ke John Cena di pertandingan tunggal, di acara Extreme Rules dia kalah kepada John Cena lagi di Pertandingan Last Man Standing dan di pertandingan terakhirnya di acara Over the Limit dia kalah kepada John Cena di Pertandingan I Quit. Besoknya di episode RAW, Batista meninggalkan perusahan WWE sebagai kariernya sudah habis di WWE.

Kerjaya lakonan[sunting | sunting sumber]

Badan Spec[sunting | sunting sumber]

  • Ketinggian 193 cm
  • Berat 130 kg
  • Darah Jenis B
  • Agensi (2012/02/02)
  • Nama Samaran
  • "The Demon" - sebagai Leviathan
  • "The Demon of the Deep - sebagai Leviathan
  • "Guardian of the Gates of Hell - sebagai Leviathan
  • "Big Dave"
  • "The Animal"
  • Pengurus
    • Synn
    • Reverend D-Von
    • Ric Flair
    • Triple H

Filemografi[sunting | sunting sumber]

Filem[sunting | sunting sumber]

Tahun Tajuk Watak Catatan
2006 Relative Strangers Wrestler Uncredited cameo
2009 My Son, My Son, What Have Ye Done? Police officer
2010 Wrong Side of Town Big Ronnie
2011 House of the Rising Sun Ray Action On Film Award for Performer of the Year
The Scorpion King 3: Battle for Redemption Argomael
2012 The Man with the Iron Fists Brass Body
2013 Riddick Diaz
2014 Guardians of the Galaxy Drax the Destroyer Detroit Film Critics Society Award for Best Ensemble
Nevada Film Critics Society Award for Best Ensemble Cast
Nominated – Central Ohio Film Critics Association Award for Best Ensemble
Nominated – Phoenix Film Critics Society Award for Best Ensemble Acting
2015 L.A. Slasher The Drug Dealer #1
Spectre Mr. Hinx
Heist Jason Cox
2016 The Boss Chad Uncredited
Kickboxer: Vengeance Tong Po
Marauders Stockwell
The Warriors Gate Arun the Cruel
2017 Bushwick Stupe Also executive producer
Guardians of the Galaxy Vol. 2 Drax the Destroyer
Blade Runner 2049 Sapper Morton
2048: Nowhere to Run Sapper Morton Filem pendek
2018 Avengers: Infinity War Drax the Destroyer
Hotel Artemis Everest
Escape Plan 2: Hades Trent DeRosa
Final Score Michael Knox Also producer
Master Z: The Ip Man Legacy Owen Davidson
2019 Avengers: Endgame Drax the Destroyer
Stuber Det. Victor "Vic" Manning
Escape Plan: The Extractors Trent DeRosa
2020 My Spydagger JJ Completed
Dunedagger Glossu Rabban Post-production
Army of the Deaddagger Scott Ward Post-production
Key
Denotes films that have not yet been released Denotes films that have not yet been released

Television[sunting | sunting sumber]

Tahun Tajuk Watak Catatan
2006 Smallville Aldar Episod "Static"
2009 Head Case Diri sendiri Episod "All About Steve"
2009 Neighbours Diri sendiri Episod "1.5719"
2010 Chuck T.I. Episod "Chuck Versus the Couch Lock"
2015 TripTank Delivery Guy Episod "Short Change", sebagai penyumbang suara
2019 What We Do in the Shadows Garrett Episode: "The Trial"

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Year Title Notes
2003 WWE SmackDown! Here Comes the Pain Video game debut
2004 WWE Day of Reckoning
WWE Survivor Series
WWE SmackDown! vs. Raw
2005 WWE WrestleMania 21
WWE Aftershock
WWE Day of Reckoning 2
WWE SmackDown! vs. Raw 2006 Cover athlete
2006 WWE SmackDown! vs. Raw 2007 Cover athlete (NTSC version)
2007 WWE SmackDown! vs. Raw 2008
2008 WWE SmackDown! vs. Raw 2009
2009 WWE SmackDown! vs. Raw 2010
2010 WWE SmackDown vs. Raw 2011
2013 WWE 2K14
2014 WWE SuperCard
WWE 2K15
2015 WWE Immortals
2017 WWE 2K18
2018 WWE 2K19
2019 Gears 5 DLC
WWE 2K20

Anugerah diraih[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Batista bio". WWE. Dicapai pada April 3, 2011.
  2. ^ Milner, John; Kamchen, Richard. "Dave Bautista – Slam! Sports profile". Slam! Sports. Canadian Online Explorer. Dicapai pada September 11, 2007.
  3. ^ http://www.mmafighting.com/2012/9/28/3425070/big-question-a-week-in-advance-of-pro-wrestling-superstars-mma-debut
  4. ^ "O.V.W. Heavyweight Title". Wrestling-Titles.com. Dicapai pada 2007-07-19.
  5. ^ "Wrestling Information Archive – Pro Wrestling Illustrated Award Winners – Most Improved Wrestler of the Year". Pro Wrestling Illustrated. Dicapai pada 2007-07-19.
  6. ^ "Wrestling Information Archive – Pro Wrestling Illustrated Award Winners – Wrestler of the Year". Pro Wrestling Illustrated. Dicapai pada 2007-07-19.
  7. ^ "Wrestling Information Archive – Pro Wrestling Illustrated Top 500 – 2005". Pro Wrestling Illustrated. Diarkibkan daripada yang asal pada 2009-03-24. Dicapai pada 2007-09-19.
  8. ^ "Batista's first World Heavyweight title reign". World Wrestling Entertainment. Dicapai pada 2007-09-19.
  9. ^ "Batista's second World Heavyweight Title reign". World Wrestling Entertainment. Dicapai pada 2007-09-19.
  10. ^ "Batista's third World Heavyweight title reign". World Wrestling Entertainment. Dicapai pada 2007-09-19.
  11. ^ "Batista's fourth reign". World Wrestling Entertainment. Diarkibkan daripada yang asal pada 2008-10-30. Dicapai pada 2008-10-28.
  12. ^ "Batista and John Cena's first reign". World Wrestling Entertainment. Diarkibkan daripada yang asal pada 2008-08-08. Dicapai pada 2008-08-05.
  13. ^ "Batista's first WWE Championship reign". World Wrestling Entertainment. Dicapai pada 2009-01-26.

Pautan luar[sunting | sunting sumber]