Nasionalisme Kurdi

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Nasionalisme Kurdi adalah gerakan politik yang menyatakan bahwa orang Kurdi berhak memiliki negara yang berdaulat di tanah air mereka, Kurdistan Raya. Saat ini, wilayah-wilayah tersebut merupakan bagian dari Irak utara (Basur), Iran barat laut (Rojhilat), Turki tenggara (Bakur), dan Suriah utara dan timur laut (Rojava).

Wilayah Kurdistan Raya

Nasionalisme Kurdi dapat ditilik kembali ke masa Kesultanan Utsmaniyah. Dengan dibubarkannya Utsmaniyah, wilayah-wilayah yang mayoritas dihuni oleh orang-orang Kurdi menjadi bagian dari Irak, Iran, Suriah, dan Turki, sehingga menjadikan orang Kurdi minoritas di masing-masing negara tersebut. Gerakan nasionalis Kurdi telah lama ditekan oleh Turki, Iran, Irak, dan Suriah, yang tidak ingin kehilangan wilayah mereka.

Nasionalisme Kurdi di Iraq[sunting | sunting sumber]

Semenjak tahun 1970-an, orang-orang Kurdi di Irak mencoba memperoleh otonomi yang lebih besar atau bahkan kemerdekaan dari rezim Partai Baath, tetapi rezim tersebut menanggapinya dengan penindasan yang brutal. Setelah Perang Teluk pada tahun 1991, orang-orang Kurdi dilindungi dari diktator Saddam Hussein oleh NATO. Pada tahun 2003, invasi Amerika Serikat ke Irak menumbangkan diktator Saddam Hussein, dan Kurdistan Irak menjadi wilayah otonom.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Arin, Kubilay Yado, Turkey and the Kurds – From War to Reconciliation? UC Berkeley Center for Right Wing Studies Working Paper Series, March 26, 2015.https://www.academia.edu/11674094/Turkey_and_the_Kurds_From_War_to_Reconciliation
  • Behrendt, Günter Max (1993). Nationalismus in Kurdistan Diarkibkan 2017-07-07 di Wayback Machine. Hamburg, ISBN 3-89173-029-2.
  • Gürbey, Gülistan (1996). "The development of the Kurdish Nationalism Movement in Turkey". Dalam Robert W. Olson (penyunting). The Kurdish Nationalist Movement in the 1990s: Its Impact on Turkey and the Middle East. University Press of Kentucky. m/s. 9–37. ISBN 0-8131-0896-9.CS1 maint: ref=harv (link)
  • McDowall, David (1992). "The Kurds: A Nation Denied". London: Minority Rights Publications. Cite journal requires |journal= (bantuan)CS1 maint: ref=harv (link)
  • Natali, Denise (2005). The Kurds and the State: Evolving National Identity in Iraq, Turkey, And Iran. NY: Syracuse University Press. ISBN 978-0-8156-3084-5.CS1 maint: ref=harv (link)