GTV (Indonesia)

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.
(Dilencongkan dari Global TV)
Jump to navigation Jump to search
GTV (Indonesia)
PT Global Informasi Bermutu
GTV (2017).svg
Dilancarkan 8 Oktober 2002 sebagai Global TV
Rangkaian GTV (Indonesia)
Cogan kata "Pilihan Terbaik Keluarga Indonesia"
Negara  Indonesia
Laman sesawang www.globaltv.co.id
Ketersediaan
Satelit
MNC Vision Saluran 81
TelkomVision Saluran 85
Kabel
First Media Saluran 11
TelkomVision Saluran 61
IndosatM2 Saluran ??

GTV (Indonesia) (yang didirikan pada tahun 2001 adalah salah satu stesen Global TV) televisyen di Indonesia.[1]

GTV (Indonesia) Ditubuhkan pada awal 1999 dan memulakan penyiaran pada Oktober 2001, GLOBAL TV disasarkan kepada penonton muda. GLOBAL TV bermula sebagai penyiar program muzik MTV selama 24 jan tanpa henti, dan melitupi kawasan Jabotabek, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Kini 8 jam siarannya untuk Global TV, 8 jam untuk MTV dan 8 jam lagi untuk Nickelodeon.

Pada Januari 2005, GTV (Indonesia) meluaskan siarannya kepada 18 bandar utama.

Pada Februari 2006, GTV (Indonesia) menandatangani perjanjian rakan kongsi dengan MTV NETWORKS dan mendapatkan Nickelodeon. Dengan program MTV dan Nickelodeon, Global TV mengukuhkan kedudukannya dikalangan penonton remaja dengan rancangan pendidikan dan pemenang anugarah di NICKELODEON seperti: Dora the Explorer, Sponge Bob, Jimmy Neutron, Go Diego Go.

Rancangan terkenal[sunting | sunting sumber]

Rencana utama: Daftar Acara GTV

[sunting | sunting sumber]

GTV awalnya menggunakan logo "TVG" dengan tulisan "tv" warna hijau dan huruf "G" besar warna biru digunakan ketika masih merelai acara-acara MTV Indonesia, digunakan pada tanggal 1 Juni 2002 hingga 2006. Seiring makin banyaknya acara non-MTV yang tayang di GTV, termasuk acara Nickelodeon, logo "TVG" dipensiunkan dan diganti dengan logo yang terdiri dari huruf "G" yang memiliki perpaduan warna hijau, jingga, dan biru di atasnya dengan tulisan "GlobalTV" di bawahnya pada tanggal 13 Oktober 2006, bertepatan dengan acara "Fant4stik", yaitu perayaan Ulang Tahun Global TV ke-4. Agar lebih segar, Global TV mengganti logonya dengan bola tiga-dimensi biru dengan huruf "G" pada tanggal 1 Juli 2008, pada saat Euro 2008 berakhir.

Pada tanggal 28 Maret 2012, Global TV meluncurkan logo barunya saat penayangan langsung acara "Lampion 100% Ekspresif". Logo ini mirip dengan logo MNCTV. David Fernando Audy, selaku Direktur Utama Global TV mengatakan, “Logo baru ini merupakan bentuk penyempurnaan dari logo sebelumnya dan mempresentasikan perkembangan Global TV dari tahun ke tahun yang semakin kuat dengan program-programnya, baik on-air maupun off-air. Juga dari berbagai hal lain yang membuat Global TV semakin menjadi pilihan pemirsa Indonesia”.[2]

Pada tanggal 11 Oktober 2017, Global TV mengganti nama dan logonya menjadi GTV, bertepatan dengan acara "Amazing 15", yaitu perayaan Ulang Tahun Global TV ke-15.

Berikut ini adalah perkembangan logo GTV (2002-sekarang):

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pautan Luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [http://www.globaltv.co.id/about Mengenai GTV]
  2. ^ "Konser Lampion 100% Ekspresif, Global TV Ganti Logo" (dalam bahasa Bahasa Indonesia). KapanLagi.com. 30 Maret 2012. Dicapai 14 Maret 2016.  Check date values in: |access-date=, |date= (bantuan)